Oukitel WP7: Smartphone Rugged Futuristik dengan Spesifikasi Super dan Fitur Modular

Memang bukan hanya smartphone “normal” saja yang pertarungannya tetap sengit, yang dari genre rugged untuk petualang juga, yang baru ada Oukitel WP7 yang hadir dengan fitur komplit dan banyak kelebihan dibanding seri sebelumnya.

Inilah Oukitel WP7, lebih cocok dibilang sebagai “pendamping” dari Oukitel WP6 dibanding sebagai penerus, itu karena perbedaan spesifikasi dan fitur yang cukup jauh.

Oukitel WP7 pertama kali diperkenalkan sejak pertengahan 2020, wabah Corona tak menghentikan Oukitel untuk tetap produktif dan kreatif, jadi makin banyak pilihan smartphone rugged modular selain dari Doogee dan Ulefone.

Salah satu kelebihan Oukitel WP7 ada pada desainnya yang lebih kaku sehingga terkesan futuristik, juga tidak terlalu overprotektif dan memberi kesan lebih ramping.

Spesifikasi dan Fitur Oukitel WP7

Oukitel WP7 termasuk salah satu smartphone rugged pertama di dunia dengan layar bolong atau punch hole yang menjadikan rasio layar ke bodi hingga 90%.

Ukuran layarnya 6.53 inci IPS beresolusi Full HD 2340 x 1080 pixel atau menggunakan aspek rasio 19.5:9, serta menggunakan perlindungan Corning Gorilla Glass.

Memang smartphone ini terkesan ringkas, tapi bezelnya masih termasuk tebal, yaa,,, bisa dianggap wajar.

Kemampuan rugged sudah standar IP68 untuk ketahanan terhadap air, debu dan benturan.

Juga ada sertifikasi MIL-STD-810G untuk ketahanan lebih lanjut terhadap tekanan ekstrim, asam, kelembapan dan radiasi matahari. Disebutkan kalo smartphone ini bisa bertahan di suhu minus 30 derajat, dan bisa dipakai di suhu tinggi hingga 70 derajat celcius.

Performanya mengandalkan prosesor 2.2Ghz Octa Core Mediatek Helio P90 dengan RAM 8GB dan memori internal 128GB, besar sekali ya, itu juga masih tersedia slot ekspansi via kartu SD sampai 256GB.

Sayangnya, Oukitel WP7 masih menjalankan OS Android 9.0 Pie, tanpa ada jaminan upgrade ke Android 10 di masa depan, mungkin ini akibat pengembangan yang lama.

Namun, ada kemungkinan produksi tahun 2021 sudah menjalankan Android 10, atau nanti ada versi Pro atau Lite dengan upgrade OS.

Tersedia tiga kamera belakang di Oukitel WP7, yakni kombinasi 48MP + 8MP + 2MP. Kamera utama 48MP menggunakan sensor Sony IMX582 dengan f/1.79 dan mampu merekam video berkualitas 4K di 120 fps.

Sedangkan kamera sekunder masing-masing adalah kamera IR 8MP dengan dukungan LED Flash infrared untuk penglihatan malam, dan kamera bokeh 2MP, terdapat juga LED Flash tipe konvensional.

Sedangkan kamera depan ada 16MP dengan f/2.0 dan dilengkapi beautifikasi.

Pengguna memiliki dua pilihan fitur keamanan, mau via Face ID atau pakai fingerprint di belakang.

Konektivitas yang tersedia di Oukitel WP7 termasuk lengkap, yakni Dual 4G VoLTE dengan kompatibilitas global, 3G, Wi-fi a/b/g/n/ac, Bluetooth 5.0, GPS, GLONASS, Beidou, Galileo dan USB Tipe-C dengan OTG.

Dan tentu saja ada NFC yang sudah kompatibel dengan Google Pay, membuat pembayaran secara non-tunai lebih mudah.

Kapasitas baterainya besar, yakni 8000 mAh yang bisa memberikan waktu pakai normal hingga 3 hari penuh, atau waktu siaga diatas 40 hari, pengisian daya didukung fast charging 9V/2A.

Fitur lain yang dimiliki Oukitel WP7 diantaranya adalah barometer, kompas, soundmeter, pengunci aplikasi, dan aplikasi lain yang mendukung aktivitas luar rumah.

Adapun mengenai fitur modular, sementara ini baru dua modul saja yang dijual terpisah untuk Oukitel WP7, yang pertama adalah senter dengan keluaran tinggi hingga 1100 lumen dan 5 mode yang bisa dipilih.

Yang kedua adalah modul sterilisasi UVC, yang berguna untuk mensterilkan alat-alat maupun tempat dari virus dan bakteri hingga 99%, lumayan juga.

Harga Oukitel WP7

Phablet Rugged Oukitel WP7 bisa dibeli dengan harga resmi $399 atau sama dengan 5,8 juta Rupiah dan tersedia dalam dua warna yaitu hitam dan orange.

Harga modul sterilisasi UVC lumayan mahal, yakni $50, sedangkan harga senter mencapai $35, bila membeli satu set lengkap dengan kedua modulnya menjadi $ 479 atau sama dengan 7 juta Rupiah.

Perlu diketahui kalo harga diatas tidak mutlak karena banyak promosi dan cashback, jadi harga diatas bisa lebih murah lagi. Saingan terdekat Oukitel WP7 adalah Doogee S95 Pro.

Spesifikasi Lengkap Oukitel WP7

  • Material: Karet, Metal, Plastik PC
  • Layar: 6.53 inci IPS Incell FHD 2340 x 1080 pixel, 19.5:9, punch hole
  • Prosesor: Octa Core 2.2Ghz Mediatek MT6779 Helio P90
  • GPU: IMG PowerVR GM 9446
  • RAM: 8GB
  • Memori Internal: 128GB
  • Slot ekspansi kartu SD maksimal 256GB
  • Sistem Operasi: Android 9.0 Pie
  • Kamera belakang: 48MP Sony IMX582 f/1.79 + IR 8MP + 2MP, LED Flash.
  • Kamera depan: 16MP, f/2.0, AI beautifikasi
  • Konektivitas 4G VoLTE (Dual 4G Dual On), Wi-Fi 802.11 a/b/g/n/ac, Bluetooth 5.0, NFC, GPS,  GLONASS, Beidou, Galileo, USB Tipe-C + OTG.
  • Fingerprint Touch ID di belakang dan Face ID di depan
  • Baterai: 8000 mAh, fast charging 9V/2A
  • Dimensi: 174 x 81 x 17mm
  • Jaringan~
    2G: GSM: 2/3/5/8
    3G: WCDMA: B1/B2/B4/B5/B6/B8
    4G: LTE FDD: B1/B2/B3/B4/B5/B7/B8/B12/B17/B19/B20
  • Sensor: GPL, Compass, Gyroscope, Barometer.
  • Rating & sertifikasi: IP68, IP69K, MIL-STD-810G
  • Module ~
    Senter: 1100 lumen, 5 mode
    UVC Sterilization: 6-LED

GadgetEvo

GadgetEvo

Penggemar gadget terkini, penulis blog GadgetEvo.com yang mencari referensi ke brand Smartphone di seluruh dunia

You May Also Like

More From Author

3Comments

Add yours
  1. 1
    gate borsası

    After reading your article, it reminded me of some things about gate io that I studied before. The content is similar to yours, but your thinking is very special, which gave me a different idea. Thank you. But I still have some questions I want to ask you, I will always pay attention. Thanks.

  2. 3
    is puravive good

    It was great seeing how much work you put into it. Even though the design is nice and the writing is stylish, you seem to be having trouble with it. I think you should really try sending the next article. I’ll definitely be back for more of the same if you protect this hike.

Leave a Reply