Doogee S88 Pro: Phablet Rugged dengan Spek Tinggi, Tombol Kustom Ganda dan LED Bentuk Mata

Doogee S88 Pro dirilis secara resmi pada Juni 2020 lalu dan ternyata cukup sukses, smartphone unik ini bukan hanya dibekali spek yang super, tapi juga fitur baru dan desain yang unik.

Sekilas inovasi smartphone rugged di 2020 berjalan stagnan, mungkin ini efek pandemi yang lagi ganas-ganasnya merambah dunia, ekonomi negara juga banyak yang ambruk, dan otomatis daya beli masyarakat menurun.

Inovasi dalam bentuk spesifikasi mungkin tidak terlalu terekspos, tapi dari segi fitur dan desain terlihat jelas, patut diapresiasi pada Doogee S88 Pro yang menghadirkan sejumlah fitur baru.

Diantaranya adalah lampu LED Notifikasi berbentuk mata iron man di belakang, bisa menyala dalam tiga warna yaitu biru, merah, hijau, atau bisa juga berkelip sesuai dengan irama musik.

Ini inovasi sederhana tapi jelas menarik, karena smartphone jaman sekarang sudah tidak ada lagi lampu notifikasinya. Sedangkan desain Doogee S88 Pro sudah umum sesuai dengan smartphone rugged pada umumnya.

Performa dan Fitur Doogee S88 Pro

Seperti seri S yang lain dari Doogee yang berarti “Strong”, S88 Pro ini juga menjadi smartphone rugged dengan rating IP68, termasuk juga MIL-STD-810G.

Kemampuannya bertahan di situasi dan kondisi yang gak ramah bagi perangkat elektronik pada umumnya, mencakup ketahanan terhadap air, debu, guncangan, tekanan rendah, kelembapan, atmosfir asam, radiasi matahari, termasuk guncangan dan benturan.

Kemampuan itu bisa dicapai berkat stuktur tangguh, kombinasi plastik dan metal, lalu efek benturan dan getaran diredam dengan karet dan lapisan lem penyekat.

Doogee S88 Pro menampilkan layar 6.3 inci tipe waterdrop dengan resolusi Full HD 2340 x 1080 pixel, serta dilengkapi Corning Gorilla Glass.

Di dalamnya, tersemat mesin 2.1Ghz Octa Core Mediatek Helio P70 dengan RAM 6GB dan memori internal 128GB, masih ada lagi slot kartu SD maksimal sampai 256GB.

Saat ini Doogee S88 Pro sudah menjalankan OS Android 10 dengan antarmuka murni dan segala fitur standarnya.

Aspek fotografi juga cukup bagus dengan menyediakan tiga kamera belakang, kombinasi 21MP + 8MP + 8MP dengan PDAF dan LED Flash.

Kamera utama 21MP dengan sensor Sony IMX230 bertugas mengambil gambar normal yang detail dan jernih, lalu lensa kedua 8MP merupakan kamera wide angle 130°, dan 8MP yang terakhir adalah kamera portrait.

Sedangkan kamera depan buat selfie ada 16MP dengan f/2.0 dan beautifikasi.

Konektivitas yang tersedia di Doogee S88 Pro antara lain 4G LTE, 3G, Wi-fi a/b/g/n, Bluetooth 4.2, GPS, GLONASS, dan USB Tipe-C dengan OTG.

Disini juga tersedia NFC yang terintegrasi dengan Google Pay, dan autentifikasi bisa melalui sidik jari yang sensornya ada di bagian rangka samping.

Kapasitas baterai Doogee S88 Pro adalah salah satu keunggulan dengan 10000 mAh yang menjanjikan waktu pakai normal hingga 5 hari, atau waktu siaga hingga 32 hari.

Pengisian daya didukung fast charging 12V/2A, atau melalui wireless charging 5V/2A. Bagusnya lagi, tersedia fitur reverse charging atau berbagi daya ke perangkat lain, baik secara kabel atau secara nirkabel, keren juga!

Fitur lain yang dimiliki Doogee S88 Pro adalah dua tombol kustom, yang bisa menjalankan pintasan aplikasi atau fitur dalam sekali klik, Doogee mengklaim ini adalah yang pertama di dunia.

Lalu juga ada sejumlah fitur dan sensor lain pendukung aktifitas luar ruangan seperti kompas, sound meter, alat pengukur, dan lain lain.

Harga Doogee S88 Pro

Doogee S88 Pro dirilis pertama kali dengan harga resmi $249 atau sama dengan 3,6 juta Rupiah, tersedia dalam tiga pilihan warna, yaitu orange, hitam dan hijau.

Ada tambahan aksesoris terpisah, yang pertama adalah pelindung tambahan berbentuk muka iron man seharga $15, dan satu lagi berupa wireless charger seharga $20. Bila beli satu paket komplit dibanderol seharga $279 saja atau sama dengan 4,1 juta Rupiah.

Memang harga ini tidak bisa dibilang murah, namun pesaingnya dengan spesifikasi yang sama masih belum ada, jadi bisa dijadikan pilihan, setidaknya untuk saat ini.

Spesifikasi Lengkap Doogee S88 Pro

  • Material: Karet, Metal, Plastik PC
  • Layar: 6.3 inci IPS FHD 2340 x 1080 pixel, waterdrop
  • Prosesor: Octa Core 2.1Ghz Mediatek MT6771T Helio P70
  • GPU: Mali G72 900Mhz
  • RAM: 6GB
  • Memori Internal: 128GB
  • Slot ekspansi kartu SD maksimal 256GB
  • Sistem Operasi: Android 10
  • Kamera belakang: 21MP Sony IMX230 + 8MP + 8MP, PDAF, LED Flash.
  • Kamera depan: 16MP, f/2.0, beautifikasi
  • Konektivitas 4G VoLTE (Dual 4G Dual On), Wi-Fi 802.11 a/b/g/n, Bluetooth 4.2, NFC, GPS,  GLONASS, USB Tipe-C + OTG.
  • Fingerprint Touch ID di samping
  • Baterai: 10000 mAh, fast charging 12V/2A, Wireless charging 5V/2A
  • Dimensi: 171.6 x 85.5 x 18.7mm
  • Bobot: 372 gram
  • Jaringan~
    2G: GSM: 2/3/5/8
    3G: WCDMA: B1 /2 /4 /5 /8
    4G: LTE FDD: B1 /3 /7 /8 /20
  • Sensor: GPL, Compass, geomagnetic
  • Rating & sertifikasi: IP68, MIL-STD-810G
  • Fitur: Reverse charging, Reverse wireless charging, Dual Custom Button

GadgetEvo

GadgetEvo

Penggemar gadget terkini, penulis blog GadgetEvo.com yang mencari referensi ke brand Smartphone di seluruh dunia

You May Also Like

More From Author

+ There are no comments

Add yours

Leave a Reply