Nomu M8: Smartphone Rugged Desain Normal, Tipis Cuma 9.7mm

Saking bosannya dengan desain smartphone rugged yang biasanya mudah ditebak, maka ketika melihat desain Nomu M8 ini jelas mengejutkan karena memiliki kesan nostalgia yang kuat.

Desain Nomu M8 jelas banget mirip smartphone normal di masa lalu, bentuk yang simpel dan dirindukan, siapa yang sangka kalo sudah mengantongi rating IP68.

Ya, rating IP68 yang dimiliki ini untuk ketahanan tri-proof, yakni terhadap air, debu dan benturan. Mantap juga, padahal seperti tidak ada proteksi fisik sama sekali.

Tidak hanya itu, Nomu M8 juga diklaim bersertifikat IP69K dan MIL-STD-810G untuk ketahanan perangkat kondisi cuaca dan kondisi yang ekstrim sekalipun.

Walaupun bodi tipis cuma 9.7mm, tapi penampilan keseluruhan tetap ergonomis dan keren, bagian cover belakang memiliki efek glossy yang memantulkan.

Performa dan Fitur Nomu M8

Nomu M8 tampil dengan layar 5.2 inci beresolusi HD 1280 x 720 pixel, normal banget ya? dan lebih kaget lagi kalo smartphone ini ternyata masih menjalankan Android 7.0 Nougat.

Serius? berarti desain luar dan dalamnya masih setara tahun 2017, well, kalo memang smartphone ini keluar tahun 2017 ya gak masalah, tapi ini keluar di pertengahan 2019!

Sejauh ini tidak ada tanda kehadiran update ke versi Oreo atau Pie terbaru, mungkin smartphone ini spesial untuk yang suka barang klasik, tapi tetap saja aneh mengingat ini adalah produk teknologi.

Yang menarik adalah, bagian layar kaca Nomu M8 menggunakan kaca anti-bakteri dari TechStone-C@+AM, bagimana maksudnya? disini dijelaskan bahwa layarnya mengadopsi teknologi perawatan anti bakteri nano, yang dapat menghambat pertumbuhan aneka bakteri berbahaya.

Cara kerjanya adalah melalui proses reaksi penggantian oleh ion silver yang anti bakteri, lalu secara efisien mengeliminasi bakteri berbahaya hingga 99%. Kemampuan pembasmian bakteri ini memiliki cakupan yang luas dan efek yang lebih lama.

Mengesankan? ya begitulah, entah ini beneran atau sekedar bahasa iklan, tapi di web resminya dicantumkan bukti sertifikat otorisasi, jadi ya mungkin memang anti bakteri.

Spesifikasinya juga kuno, Nomu M8 masih menggunakan prosesor lawas macam 1.5Ghz Octa Core Mediatek MT6750T dengan RAM 4GB dan memori internal 64GB, tersedia slot ekspansi kartu SD maksimal 128GB.

Smartphone ini dilengkapi kamera depan dan belakang yang sama-sama 21-Megapixel dengan LED Flash. Khusus LED Flash di belakang memiliki dua tone warna yang juga berfungsi sebagai lampu notifikasi.

Ini agak aneh, karena setahu kami MT6750T hanya mendukung resolusi terbaik di angka 16MP, lagipula tidak dijelaskan tipe sensor yang digunakan, jadi sepertinya kamera ini sudah diinterpolasi.

Konektivitas yang tersedia di Nomu M8 antara lain 4G LTE, 3G, Wi-fi a/b/g/n, Bluetooth 4.0, GPS, GLONASS dan USB Tipe-C dengan OTG.

Kapasitas baterai cukup 2950 mAh yang menjanjikan masa pakai normal hingga seharian penuh. Nomu M8 juga dilengkapi chip NXP Smart PA untuk keluaran audio yang lebih baik.

Harga Nomu M8

Saat dirilis awal-awal, harga resminya adalah $199 atau sama dengan 2,8 juta Rupiah, namun di 2020 ini harganya sudah drop drastis menjadi hanya $139 atau hampir 2 juta Rupiah.

Pilihan warna yang tersedia ada hitam dan biru tua, tentu saja warna hitam mampu memantulkan cahaya lebih baik dibanding yang biru.

Menurut kami, harga $139 memang terdengar mahal, sedangkan nilai jual sebagai smartphone rugged tertipis dan kaca anti-bakteri tidak terlalu berpengaruh, minusnya ada pada OS dan spek yang masih jadul.

Spesifikasi Lengkap Nomu M8

  • Layar: 5.2 inci, HD 1280 x 720 pixel
  • Prosesor: Octa Core 1.5Ghz Mediatek MT6750T
  • GPU: Mali-T860 MP2
  • RAM: 4GB
  • Memori Internal: 64GB
  • Slot ekspansi kartu SD maksimal 128GB
  • Sistem Operasi: Android 7.0 Nougat
  • Kamera belakang: 21MP, Dual Tone LED Flash.
  • Kamera depan: 21MP, LED Flash
  • Konektivitas 4G LTE , Wi-Fi 802.11 a/b/g/n/, Bluetooth 4.0, GPS,  A-GPS, GLONASS, USB Tipe-C + OTG.
  • Baterai: 2950 mAh
  • Dimensi: 150.7×74.8×9.7 mm
  • Bobot: 200 gram
  • Jaringan~
    2G: GSM: 2/3/5/8
    3G: WCDMA: 1/2/8
    4G: LTE FDD: B1/3/5/7/8/20
  • Sensor: GPL, Gyroscope, Geomagnetic
  • Fitur: IP68/IP69K, MIL-STD-810G, Anti-bacterial glass, NXP Audio

GadgetEvo

GadgetEvo

Penggemar gadget terkini, penulis blog GadgetEvo.com yang mencari referensi ke brand Smartphone di seluruh dunia

You May Also Like

More From Author

1 Comment

Add yours

Leave a Reply