Top 5 Brand Smartphone Cina Terbaik Sepanjang 2019 versi GadgetEvo

Tahun 2019 berakhir dengan menyisakan banyak catatan, prestasi, kejutan, duka hingga air mata. Seperti biasa liputan Top gadget menyajikan 5 brand smartphone Cina terbaik di 2019 versi GadgetEvo.

Well, tahun ini Ada yang mencatat sejarah dan manisnya angka penjualan, juga ada yang tanpa pamit menghilang hingga menyisakan jejaknya saja, menelantarkan para pelanggan.

Inilah dinamikan kehidupan, bahkan produksi tanpa inovasi juga akan berakhir, karena dunia teknologi selalu berkembang dengan kecepatan luar biasa.

Nah, untuk edisi top Gadget 5 Brand smartphone Cina terbaik ini, kriterianya adalah sebagai berikut:

  • Smartphone normal sehari-hari yang mulai dijual di 2019
  • Desain layar dengan tren kekinian
  • Banyak-banyakan kamera
  • Spesifikasi chip terbaru
  • NFC

Untuk tahun 2019 ini kami tidak menyertakan smartphone Rugged sebagai penilaian, kenapa? ya gitu lah… memang permintaan terus meningkat walaupun lambat, tapi pangsa pasarnya cenderung stagnan.

Kesimpulan kami tim GadgetEvo, smartphone rugged bukan untuk sehari-hari, sehingga tidak perlu yang terlalu canggih atau powerfull, yang menengah aja cukup.

5 – Cubot

Produk Terbaik: Cubot P30, Cubot X20 Pro, Cubot Max 2, Cubot R15 Pro, Cubot X19

Serius ini Cubot? ya, gak salah, ini memang aneh dan bagi sebagian pemirsa, ini kenyataan yang perih, saking sedikitnya smartphone normal yang dirilis merek top, jadi Cubot yang terpaksa masuk nominasi.

Produk Cubot memang membosankan, tapi semakin membaik di akhir tahun dengan dua smartphone berkamera mumpuni, dan kami menunggu kiprahnya selanjutnya 2020.

4 – Ulefone

Produk Terbaik: Ulefone T2, Ulefone Power 6, Ulefone P6000 Plus, Ulefone Note 7, Ulefone Power 3L

Walaupun seri Armor Rugged mendominasi jajaran produk Ulefone di 2019, tapi bukan berarti smartphone normal terlupakan, masih ada yang cukup powerfull dan mantap, misalnya 5 produk diatas.

Posisi Ulefone naik 1 peringkat dari tahun lalu, kami berharap kedepannya Ulefone nggak melulu memperhatikan kelas Rugged, serta memperbanyak seri T dan seri P.

3 – Oukitel

Produk Terbaik: Oukitel C17 Pro, Oukitel K13 Pro, Oukitel Y4800, Oukitel K12, Oukitel Y1000

Tidak disangka kalo Oukitel ada di posisi ketiga, di 2019 ini Oukitel tetap bermain di segmen baterai besar selaku keunggulan, dan mengurangi porsi smartphone rugged secara drastis.

Oukitel membuat seri Young yang begitu menarik dan Oukitel C17 Pro yang murah meriah, keduanya mampu mendongkrak nama dan penjualan, jelas kalo merek ini punya potensi lebih.

2 – Elephone

Produk Terbaik: Elephone U2, Elephone U3H, Elephone PX, Elephone A6 Mini, Elephone A5.

Kalau saja tidak ada Elephone U2 dan U3H, sepertinya Elephone tidak akan menjadi runner-up bertahan, Elephone berusaha sangat keras hingga delay dan mem-php banyak produk demi sebuah diferensiasi.

Selain kamera pop-up, Elephone juga menghadirkan smartphone “mini” dan phablet 3D walaupun gagal. Kami berharap Elephone mengurangi sifat php ini dan merilis apa yang sebelumnya pernah dijanjikan, walaupun terlambat.

1 – Umidigi

Produk Terbaik: Umidigi X, Umidigi F2, Umidigi Power 3, Umidigi S3 Pro, Umidigi A5 Pro.

Juara bertahan terus nih? ya begitulah, Hampir semua produk Umidigi memiliki level inovasi yang bagus dan semuanya dibekali 3 slot kartu serta paling cepat menghadirkan sistem operasi Android 10.

Selain itu, Ada juga yang spesial seperti Umidigi X dengan fingerprint di layar dan Umidigi F2, seri Power dan lainnya yang punya spesifikasi menarik.

Adapun untuk produk kelas bawah memang ada penurunan spesifikasi, tapi secara keseluruhan semakin bagus baik dari segi penjualan, informasi dan lainnya. Kalo itu Umidigi, tidak perlu diragukan lagi.


Itulah 5 Brand Smartphone Cina Terbaik Sepanjang 2019 versi GadgetEvo. Secara keseluruhan, jumlah smartphone yang dirilis pada 2019 mengalami penurunan signifikan, bahkan beberapa merek smartphone sudah tumbang diam-diam.

Lalu apakah ada merek baru yang muncul? ada, tapi bukan merek tetap, bukan skala perusahaan yang berkompetisi langsung, melainkan cuma skala kecil yang sangat dikhawatirkan pelayanan after salesnya.

Maka jangan heran bila rubrik top-gadget tahun 2019 ini perubahannya sangat drastis, dan mungkin tahun 2020 bakal ada perubahan lain yang gak kalah aneh, kita nantikan saja.

GadgetEvo

Leave a Reply