Elephone U2: Smartphone Layar Penuh Kamera Pop-up dengan Helio P70 dan RAm 6GB

Penantian yang panjang dan berat, inilah yang tergambar setelah melihat Elephone U2 yang meraih penjualan cukup banyak selama 2 bulan terpajang di etalase.

Sebenernya tidak ada pengumuman maupun promosi resmi, kapan tepatnya Elephone U2, tapi pada bulan September dan Oktober 2019 lalu sejumlah toko online memulai preorder untuk produk ini.

Itu artinya tepat setahun semenjak Elephone U2 diumumkan untuk pertama kali, tapi ini wajar bagi Elephone dan masih lebih cepat daripada merek sebelah yaitu Ulefone T2 yang penantian sampai 1,5 tahun.

Cukup mengesankan melihat bentuk saat Elephone U2 dirilis, tidak ada bedanya dengan saat pengumuman resmi tahun 2018 lalu, tampak keren dan futuristik, mengingatkan ke desain Vivo Nex.

Secara estetika, Elephone U2 juga tampak indah, yakni rangka metal CNC dipadukan cover belakang kaca, tidak hanya elegan, tapi juga ergonomis di genggaman.

Performa dan Fitur Elephone U2

Ini baru yang namanya Full Screen, alias layar penuh, yang lainnya boongan, yang namanya Real Full Screen alias layar penuh sejati ya nggak ada poni, nggak ada bolongan atau waterdrop, pokoknya layar tanpa gangguan.

Nah, pada Elephone U2, bisa lah dianggap sebagai the Real Full Screen, ini karena kamera depan dipindah menjadi kamera pop-up yang tersembunyi pada rangka bagian atas.

Ukuran layarnya 6.26 inci beresolusi Full HD 2280 x 1080 pixel, itu berarti menggunakan aspek rasio 19.5:9. Sementara rasio layar ke bodi diklaim mencapai 93.1%.

Well, kalo memang tidak ada bagian layar yang terpotong, maka kami percaya saja dengan klaim rasio layar bodi setinggi itu.

Performanya ditenagai prosesor 2.1Ghz Octa Core Mediatek Helio P70 dengan dua opsi memori, yakni RAM 4GB dengan ROM 64GB, atau RAM 6GB dan ROM 128GB. Tersedia slot ekspansi kartu SD maksimal 256GB.

Saat ini Elephone U2 menjalankan sistem operasi Android 9.0 Pie yang disertai sedikit modifikasi ringan, mungkin Ele OS, tapi tidak ada keterangan resminya.

Aspek fotografi di Elephone U2 cenderung bagus tapi unik, tersedia tiga kamera belakang, yakni kombinasi 16MP + 5MP + 2MP dengan apertur f/1.6 yang memaksimalkan pengambilan cahaya, serta dilengkapi LED Flash juga.

Nah, bila kamera utama 16MP itu untuk mengambil gambar normal, maka kamera 5MP adalah kamera bokeh, sementara kamera 2MP untuk meningkatkan kualitas pencahayaan pada gambar. Unik ya, biasanya kamera ketiga ini wide angle, tapi malah ini buat cahaya.

Elephone U2 juga menyediakan dua kamera selfie bertipe pop-up, ada bagian yang muncul pada rangka atas yakni duet 16MP + 2MP, dilengkapi fitur AI Portrait, Face Beauty, Selfie Bokeh dan banyak lagi.

Sayangnya tidak dijelaskan tipe sensor kamera yang dipakai, sehingga sulit untuk mereka-reka kemampuan kameranya, tapi kami yakin hasilnya akan bagus.

Elephone juga mengklaim bahwa engsel geser pada kamera pop-up ini awet, tahan hingga 300 ribu kali naik turun, silahkan diperhatikan disini.

Konektivitas yang tersedia di Elephone U2 antara lain 4G LTE dengan kompatibilitas jaringan yang luas, lalu 3G, wi-fi a/b/g/n/ac, Bluetooth 4.2, GPS, GLONASS dan USB Tipe-C dengan OTG.

Kapasitas baterai kecil saja, yakni 3250 mAh dengan fast charging 5V/2A yang menjanjikan waktu pakai normal seharian penuh.

Beberapa fitur lain di Elephone U2 antara lain Face ID, lalu fingerprint pada rangka samping, dan chip audio NXP smart PA untuk keluaran audio yang memukau.

Harga Elephone U2

Sedikit sekali yang menjual Elephone U2, mungkin dibatasi karena masalah garansi produk, mengingat tipe pop-up memiliki engsel yang butuh perhatian khusus. Daftar harganya adalah sebagai berikut:

  • Tipe RAM 4GB + 64GB: $169 = 2,4 juta Rupiah
  • Tipe RAM 6GB + 128GB: $219 = 3,1 juta Rupiah

Harga diatas tidak mutlak, dan kemungkinan besar mendapat harga lebih murah, misalnya pake kode kupon. Pilihan warna yang tersedia cuma dua, yaitu hitam dan biru gradien.

Bagi kami, Elephone U2 masih lumayan mahal bila mempertimbangkan spesifikasi dan fiturnya, tapi keunikan 5 kamera dan layar tampilan penuh jelas sulit ditawar.

Spesifikasi Lengkap Elephone U2

  • Layar: 6.26 inci FHD 2280 x 1080 pixel, 19.5:9, FullView
  • Prosesor: Octa Core 2.1Ghz Mediatek Helio P70
  • GPU: Mali G72 MP3 900MHz
  • RAM: 4GB/6GB
  • Memori Internal: 64GB/128GB
  • Slot ekspansi kartu SD maksimal 256GB
  • Sistem Operasi: Android 9.0 Pie
  • Kamera belakang: 16MP f/1.6 + 5MP + 2MP, LED Flash.
  • Kamera depan: 16MP + 2MP, AI beautifikasi
  • Konektivitas 4G VoLTE (Dual 4G Dual On), Wi-Fi 802.11 a/b/g/n/ac, Bluetooth 4.2, GPS,  GLONASS, USB Tipe-C + OTG.
  • Fingerprint Touch ID di samping dan Face ID di depan
  • Baterai: 3250 mAh, fast charging 5V/2A
  • Dimensi: 153.3 x 74.9 x 10.25mm
  • Bobot: 197 gram
  • Jaringan~
    2G: GSM: 2/3/5/8
    3G: WCDMA: 1 /5 /8
    4G: LTE FDD: B1/B3/B5/B7/B8/B20/B28ab
  • Sensor: GPL, Compass, Gyroscope

GadgetEvo

GadgetEvo

Penggemar gadget terkini, penulis blog GadgetEvo.com yang mencari referensi ke brand Smartphone di seluruh dunia

You May Also Like

More From Author

+ There are no comments

Add yours

Leave a Reply