Elephone PX: Smartphone Cantik dengan Kamera Pop-up dan Spek Bagus

Satu tahun, waktu penantian dari saat perkenalan sampai rilis smartphone Elephone PX, dan kini smartphone ber kamera pop-up ini tersedia di pasaran tanpa ada pemberitahuan.

Entah kenapa perlu waktu lama sekali, Elephone PX ini pertama muncul sebelum bulan Agustus 2018 lalu, penjualan baru pada September 2019 dan itu juga tanpa promosi.

Sepertinya bukan proses pengembangan yang menjadi alasan, tapi durabilitas, perlu pembuktian waktu bahwa engsel mekanik untuk kamera pop-up bisa bertahan di waktu 1 tahun, tepat selama waktu garansi internasional.

Memang disebutkan bahwa bagian kamera pop-up sudah menjalani banyak testing, termasuk tes benturan, tekanan pada sudut tertentu, hingga naik turun hingga 300.000 kali.

Elephone PX ini punya penampilan yang cantik, seperti khas Elephone yang menampilkan wajah bersih di depan dan indah di belakang dengan warna gradien aurora.

Ngomong-ngomong, desain Elephone PX ini berubah drastis dari saat desain awal pada September 2018 lalu, mungkin demi mempercepat rilis dengan cara mengambil basis rangka yang sudah ada.

Tampil dengan layar 6.53 inci, Elephone PX punya ukuran layar yang sama dan dimensi yang hampir mirip dengan Elephone A6 Max sebelumnya, cuma disini PX beresolusi Full HD 2340 x 1080 pixel.

Rasio layar ke bodi jelas begitu luas tanpa ada notch maupun lubang sehingga terkesan bersih.

Namun tidak perlu terpukau dengan gambar render yang ada disini, karena produk nyata cukup berbeda dan bezelnya cukup tebal.

Performanya ditenagai prosesor 2.0Ghz Octa Core Mediatek Helio P23 dengan RAM 4GB dan memori internal 64GB, sementara slot kartu SD yang dimiliki mendukung sampai 256GB.

Elephone PX menyediakan kamera belakang ganda, yakni 16MP + 2MP dengan LED Flash serta dilengkapi teknologi AI yang dioptimalkan untuk mendapatkan efek bokeh atau mode malam yang lebih baik.

 

Sementara kamera depan juga ada 16MP, tersembunyi melalui pop-up pada bagian atas layaknya Vivo Nex generasi awal. Beberapa fitur lainnya seperti Beautifikasi AI, aneka mode realtime dan filter adegan.

Phablet dengan Sistem operasi Android 9.0 Pie ini hanya memiliki fingerprint di belakang sebagai metode keamanan biometrik, wajar saja karena kamera depannya tersembunyi.

Konektivitas yang dimiliki antara lain 4G LTE, 3G, Wi-fi b/g/n, bluetooth 4.0, GPS, A-GPS dan USB Tipe-C dengan OTG. Detail lengkapnya akan menyusul kemudian.

Kapasitas baterai hanya 3300 mAh dan diklaim sanggup bertahan selama sehari penuh dengan pengisian daya melalui fast charging 5V/2A.

Edan, gak cuma desain, bahkan semua fitur dan spesifikasi awal yang dijanjikan pada saat perkenalan awal pun beda semua, apa-apaan ini!

Harga Elephone PX

Phablet Elephone PX dijual dengan harga resmi $159 atau sama dengan 2,3 juta Rupiah dan tersedia dalam dua pilihan warna yang disebut Breathing Crystal (Gradien pelangi) dan Lumia Purple (Gradien Hitam-ungu).

Bila poin perbedaan Elephone PX hanya pada kamera pop-up, maka sepertinya harga tersebut masih termasuk mahal, dan ada poin minus untuk Elephone karena tidak detail dalam mencantumkan spesifikasi.

Spesifikasi Lengkap Elephone PX

  • Layar: 6.53 inci HD 2340 x 1080 pixel, 19:9, Clear Full Screen
  • Prosesor: Octa Core 2.0Ghz Mediatek Helio P23
  • RAM: 4GB
  • Memori Internal: 64GB
  • Slot ekspansi kartu SD maksimal 256GB
  • GPU: Mali-G71 MP2
  • Sistem Operasi: Android 9.0 Pie
  • Kamera belakang: 16MP + 2MP, LED Flash.
  • Kamera depan: 16MP Pop-up, beautifikasi
  • Konektivitas 4G LTE, Wi-Fi 802.11 b/g/n, Bluetooth 4.0, GPS, A-GPS, USB Tipe-C + OTG
  • Fingerprint┬áTouch ID di belakang
  • Baterai: 3300 mAh, 5V/2A
  • Dimensi: 163.2 x 76 x 9.8mm
  • Berat: –
  • Jaringan~
    2G: GSM: 2/3/5/8
    3G: WCDMA: B1/5/8
    4G: LTE FDD: B1/B3/B5/B7/B8/B20/B28ab

GadgetEvo

Leave a Reply