Elephone U dan U Pro: Flagship RAM 6GB dengan Layar AMOLED 3D

Resmi sudah, akhirnya Elephone U dan Elephone U Pro dirilis dengan menghadirkan spesifikasi, desain dan fitur-fitur yang bikin pengen. Harus diakui kalo smartphone terbaru ini layak dinantikan setelah sekian lama.

Elephone U dan U Pro: Flagship RAM 6GB dengan Layar AMOLED 3D f

Berapa lama menunggu? berdasarkan waktu posting tim GadgetEvo.com, sejatinya produk ini sudah diumumkan sejak September 2017 lalu, bila mengambil rentang waktu sampai dirilis, maka hampir 6 bulan.

Tidak heran karena ini dari Elephone, masih ingat bahwa Elephone S8 saja butuh waktu lebih dari 10 bulan sampai beneran hadir ke pasaran, dan spesisfikasinya berubah-ubah. Sama saja dengan Elephone U series ini, bahkan U ini sampai ganti nama, awalnya kan Elephone S9.

Sebenernya mengenai lamanya produk dari diumumkan sampai rilis mungkin bisa dimaklumi, pabrikan Cina tier 2 seperti Elephone tidaklah punya sumber daya dan kapabilitas riset yang lebih, berbeda dengan pabrikan besar yang unggul dari segi perencanaan, SDM dan juga lebih leluasa menentukan spesifikasi.

Elephone U dan U Pro: Flagship RAM 6GB dengan Layar AMOLED 3D 7

Pada akhirnya, sebuah produk bagus tidak hanya dinilai dari desain, spesifikasi atau kekuatan yang menyertainya, tapi juga di kepuasan pelanggan dan penggemar setia, bahkan produk dari pabrikan seumur jagung juga bisa menyaingi pabrikan kelas pohon jati. Wah, cukup lah basa basinya, langsung ke menu utama.

Performa dan Fitur Elephone U Series.

Desain Elephone U dan U Pro memang sangat identik sekali, tidak ada perbedaan sama sekali antara keduanya, tampak belakang begitu indah dengan cover belakang motif lumia wave, Elephone sudah berpengalaman untuk ini.

Penampilan visualnya terlihat mewah, secara keseluruhan mengingatkan ke bocoran Samsung Galaxy S9 yang belum dirilis, termasuk posisi kamera dan fingerprintnya. Ergonomi di genggaman juga sangat bagus berkat sudut dan sisinya yang melengkung mantap.

Elephone U dan U Pro: Flagship RAM 6GB dengan Layar AMOLED 3D t

Keduanya sama-sama menampilkan layar 5.99 inci AMOLED fleksibel Full HD 2160 x 1080 pixel dengan rasio 18:9, tepian kiri dan kanan layarnya memang melengkung 3D dan memberi kesan high-tech. Perlindungan yang digunakan adalah Corning Gorilla Glass 5.

Tentu saja phablet ini membawa semua keunggulan yang didapat dari layar AMOLED. Dan diantara semua smartphone 6 inci tipe 18:9 yang sudah ada sebelumnya, Elephone U series ini sepertinya yang ukurannya paling kompak, yakni setara dengan smartphone 5.5 inci tapi lebih kecil dan langsing beberapa mm, rasio layar ke bodi juga diklaim tembus 87%.

Yang membedakan antara Elephone U dan U Pro adalah di sektor prosesor, konektivitas dan beberapa fiturnya. Elephone U bertenaga prosesor 2.5 Ghz Octa Core Mediatek Helio P23 terbaru.

Sedangkan untuk Elephone U Pro ditunjang prosesor 2.2Ghz Octa Core Qualcomm Snapdragon 660 yang sekaligus menjadikannya produk kedua Elephone yang dilengkapi Snapdragon.

Elephone U dan U Pro: Flagship RAM 6GB dengan Layar AMOLED 3D 3

Baik itu Elephone U maupun U Pro tersedia dalam dua konfigurasi memori, yakni RAM 4GB dengan internal 64GB, dan RAM 6GB dengan memori internal 128GB. Saat ini yang dirilis lebih dulu adalah versi RAM 6GB. Untuk slot kartu SD yang didukung mencapai kapasitas 1TB.

Elephone U masih menjalankan Android 7.1 Nougat dan kedepannya akan mendapatkan update ke versi 8.0 Oreo via OTA. Sedangkan Elephone U Pro sudah lebih maju dengan Android 8.0 Oreo murni.

Di masa lalu, Elephone memang kurang konsisten dalam menyediakan pembaruan major, semoga saja di smartphone ini sudah diperbaiki.

Elephone U dan U Pro: Flagship RAM 6GB dengan Layar AMOLED 3D 9

Kemudian di sektor fotografi, Elephone U dan U Pro dilengkapi kamera belakang ganda 13 Megapixel yang cara kerjanya menggunakan metode warna RGB + Monokrom, serta didukung oleh Alogritma ArcSoft. Sehingga bisa dihasilkan gambar yang jernih, cerah namun memiliki warna yang natural.

Kamera ini didukung fitur standar seperti Bokeh, PDAF dan Dual LED Flash, kemampuan kameranya diklaim lebih bagus walau di kondisi kurang cahaya. Khusus U Pro memiliki kemampuan merekam hingga kualitas 4K.

Sedangkan untuk selfie tersedia 8 Megapixel dengan beautifikasi. Kedepannya kamera depan ini akan mendapatkan pembaruan via OTA, berisi fitur Make Up, Mode kamera, dan face Unlock. Jadi saat rilis memang fitur Face ID ini belum tersedia, harus menunggu update OTA dulu.Elephone U dan U Pro: Flagship RAM 6GB dengan Layar AMOLED 3D q

Alternatif untuk metode keamanan biometrik saat ini mengandalkan sensor sidik jari. Entah kenapa Elephone tidak menempatkan fitur ini lebih cepat, menurut GadgetEvo.com, ini agar Elephone U series bisa dirilis sesuai jadwal.

Konektivitas yang didukung Elephone U series adalah 4G LTE yang mendukung jaringan global termasuk Indonesia, lalu 3G, wi-fi a/b/g/n, GPS, bluetooth 4.0, A-GPS dan USB Tipe-C dengan OTG. Dan benar saja disini tidak ada lubang jack 3.5mm lagi, jadi harus menggunakan adapter khusus, atau langsung dengan earphone Tipe-C.

Elephone U series juga dilengkapi NFC, dan khusus versi U Pro sudah menggunakan versi Bluetooth 5.0 terbaru.

Elephone U dan U Pro: Flagship RAM 6GB dengan Layar AMOLED 3D 1

Kapasitas baterai Elephone U adalah 3620 mAh dengan fast Charging Mediatek PE 5V/2A. Sedangkan Elephone U Pro memiliki baterai lebih kecil, yakni 3550 mAh dengan dukungan Qualcomm Quick Charge 3.0 serta Wireless Charging.

Harga Elephone U Series

Phablet Elephone U versi RAM 6GB dijual dengan harga resmi $369 atau sama dengan 5 Juta Rupiah, sedangkan Elephone U Pro versi RAM 6GB dibanderol seharga $439 atau setara dengan 5,9 juta Rupiah. Masing-masing tersedia dalam empat pilihan warna, yaitu Hitam, biru, merah dan abu-abu.

Elephone U dan U Pro: Flagship RAM 6GB dengan Layar AMOLED 3D e

Harga yang rasional, melihat kemampuan yang dimiliki phablet ini, rasanya memang gak berlebihan. Tapi serius nih! Beda prosesor tapi selisihnya sampai 900 ribu Rupiah gitu?, yeah mengacu pada skor AnTuTu, Helio P23 bisa menghasilkan skor 80 ribuan, sedangkan Snapragon 660 bisa mencapai 140 ribuan.

Selain itu Elephone U Pro juga lebih unggul dari segi konektivitas, perekaman video, software dan dukungan wireless charging. Apapun yang dipilih, keduanya layak beli.

Spesifikasi Lengkap Elephone U Series

  • Model: Elephone U / U Pro
  • Layar: 5.99 inci AMOLED FHD, 18:9, 2160 x 1080 pixel, 3D Corning Gorilla Glass 5
  • SIM: Nano SIM + Nano SIM/Kartu SD
  • Prosesor-
    U: Octa Core 2.5Ghz Mediatek Helio P23
    U Pro: Octa Core 2.2Ghz Qualcomm Snapdragon 660
  • GPU-
    U: Mali-G71 MP2
    U Pro: Adreno 512
  • RAM: 6GB
  • Memori Internal: 128GB
  • Slot ekspansi kartu SD maksimal 1TB
  • Sistem Operasi-
    U: Android 7.1 Nougat (Update 8.0 Oreo via OTA)
    U Pro: Android 8.0 Oreo dengan antarmuka Murni.
  • Kamera belakang-
    U: 13MP RGB + 13MP Mono, PDAF, Dual LED Flash, ArcSoft Algorithm, FHD@30fps
    U Pro: 13MP RGB + 13MP Mono, PDAF, Dual LED Flash, ArcSoft Algorithm, 4K@30fps
  • Kamera depan: 8MP, Beautifikasi
  • Konektivitas-
    U: 4G LTE, Wi-Fi 802.11 a/b/g/n/ac, Bluetooth 4.0, GPS, A-GPS, NFC, USB tipe-C + OTG.
    U Pro: 4G LTE, Wi-Fi 802.11 a/b/g/n, Bluetooth 5.0, GPS, A-GPS, NFC, USB tipe-C + OTG.
  • Fingerprint Touch ID dan Face ID (OTA)
  • Baterai-
    U: 3620 mAh dengan fast charging Mediatek PumpExpress 5V/2A
    U Pro: 3550 mAh dengan Qualcomm Quick Charge 3.0 + Wireless Charging.
  • Notification LED: YES
  • Dimensi: 154 x 72.5 x 8.4mm
  • Bobot: 160 gram (166 gram di U Pro)
  • Sensor: GPL-Sensor, Gyro, Compass, Hall
  • Jaringan
    2G: GSM: 850(B5)/900(B8)/1800(B3)/1900(B2)
    3G: WCDMA: 900(B8)/2100(B1)
    4G: LTE FDD: 2100(B1)/1800(B3)/2600(B7)/800(B20)

GadgetEvo

GadgetEvo

Penggemar gadget terkini, penulis blog GadgetEvo.com yang mencari referensi ke brand Smartphone di seluruh dunia

You May Also Like

More From Author

+ There are no comments

Add yours

Leave a Reply