Mediatek rilis dua chipset 10-Core terbaru: Helio X23 dan Helio X27

Mediatek secara resmi merilis dua produk chipset terbaru dari seri X, yakni Helio X23 dan Helio X27 pada 30 November 2016 lalu. Dan Mediatek baru mengumumkan detail spesifikasinya beberapa hari kemudian.

Seri X merupakan seri Deca Core, karena X sendiri dalam angka romawi berarti 10, disini posisi dua chipset terbaru ini berurutan sesuai angka pada performa.

Detail Mediatek Helio X23 dan X27

Berdasarkan data dari Mediatek, kedua chipset tersebut hadir sebagai upgrade dari keseluruhan performa, kualitas perekaman video dan efisiensi daya. Keduanya mengadopsi 10-core ber-arsitektur 3 cluster yang terdiri dari 2 x ARM Cortex-A72, 4 x ARM Cortex-A53 dan 4 x ARM Cortex -A53.

Helio X23 dan Helio X27 menggunakan teknologi Pilot 3.0 Hererogeneous untuk menghadirkan ketepatan pada alokasi pekerjaan ke bagian cluster sehingga bisa meningkatkan performa dan efisiensi daya pada prosesor.

Mediatek rilis dua chipset 10-Core terbaru: Helio X23 dan Helio X27 1

Helio X23 diposisikan diantara Helio X20 dan Helio X25, sedangkan Helio X27 menjadi yang tertinggi yang dimiliki Mediatek saat ini dengan kecepatan frekuensi hingga 2.6Ghz, GPU juga diupgrade menjadi 875MHz. Menurut Mediatek, performa keseluruhan meningkat hingga 20% dari Helio X25.

Ada juga peningkatan di sektor kecepatan berselancar di internet, serta memuat aplikasi lebih cepat.

Kedua chipset ini juga dibekali versi upgrade dari Imagiq ISP yang memiliki tujuan akhir meningkatkan kualitas warna dan kejernihan gambar maupun video yang dihasilkan.

Terakhir, baik itu Helio X23 dan X27 dibekali teknologi ETM (Envelope Tracking Module) untuk bisa secara dinamis mengatur keluaran voltase untuk menguatkan keluaran daya amplifier, sehingga berujung pada efisiensi daya dan mengurangi panas yang dihasilkan selama digunakan.

Komparasi Helio X20, H23, X25 dan X27

Untuk melihat detail dan komparasi lebih lanjut, cek aja langsung ke web resmi Mediatek disini.

Lalu brand manakah yang bakal jadi yang pertama menggunakan kedua chipset tersebut? Kabarnya sih UMi 😀

 

GadgetEvo

Leave a Reply