Sharp Indonesia Siapkan 2 Smartphone Baru: Kamera Ganda dan Baterai Besar

Well, Mungkin 2018 bakal jadi era kebangkitan Sharp Indonesia dan turut bersaing di jagad dunia smartphone tanah air, pingin nya sih begitu dan kali ini harapan tersebut makin terbuka.

Sharp Indonesia Siapkan 2 Smartphone Baru: Kamera Ganda dan Baterai Besar 3

Yeah, dikonfirmasi kalo Sharp akan menghadirkan dua produk terbaru, tapi yang sangat disayangkan adalah bukan dari seri Aquos, melainkan bakal untuk kelas menengah kebawah.

Padahal peminat seri kelas atas hingga flagship di Indonesia juga cukup tinggi, produk-produk Samsung, LG, Huawei atau bahkan iPhone yang seharga motor saja masih laris manis.

Dua produk Sharp yang akan hadir di Indonesia ini merupakan rebranding dari Infocus, tepatnya adalah Infocus IF9007 alias Infocus A3, sedangkan yang satu lagi adalah Infocus FS8028 alias Infocus Turbo 5 Plus 2017.

Kode produk diatas kami dapatkan via website TKDN, dan kebanyakan situs berita menanggapkan itu merupakan produk Infocus, tapi sebenernya adalah Sharp. Gimana ceritanya produk Infocus kok bisa jadi Sharp?

Sharp Indonesia Siapkan 2 Smartphone Baru: Kamera Ganda dan Baterai Besar 7
Infocus A3

Begini, kami sudah pernah menceritakannya di tulisan kami sebelumnya. Kode IF dan FS merupakan sebuah produk yang sama secara basis model, namun antara keduanya bisa saja memiliki perbedaan kecil dari segi spesifikasi maupun desain.

Kode awalan IF ditujukan untuk produk Infocus, sedangkan kode model dengan awalan FS diberikan kepada smartphone merek SHARP dan dikembangkan oleh FIH Mobile (Tomiso Kanoki Group) di bawah payung Grup Teknologi Foxconn (Hon Hai Tec Group).

Dalam hal ini, pihak pemohon adalah InFocus, dan pada dasarnya memang FIH Mobile sendiri bertanggung jawab atas pengembangan smartphone merek InFocus, dan lembaga sertifikasi mengakui pemohon sebagai InFocus dan bukan FIH Mobile.

Di bawah keputusan FIH Mobile, ada kemungkinan bahwa smartphone yang dirilis adalah tubuh Infocus, tapi dengan merek SHARP.

Sharp Indonesia Siapkan 2 Smartphone Baru: Kamera Ganda dan Baterai Besar 1

Bingung? Simpelnya, Infocus membuat permohonan sebuah produk kepada FIH Mobile dan diakui lembaga sertifikasi, sekaligus sebagai nama resmi, namun FIH Mobile membuat produk tersebut dengan bendera merek SHARP.

Jadi di sebuah produk smartphone, merek Sharp dianggap sebagai nama alternatif saja, atau cuma numpang nama. Maka tidak heran bila nama produknya dari Infocus, namun kode produknya adalah Sharp. Nama dari lembaga sertifikasi, sedangkan kode dari produsen.

Tujuannya apa? berdasarkan penelusuran tim Deteksigadget.com, ini merupakan hubungan kerjasama dengan tujuan penetrasi pasar. Infocus di Indonesia sudah tamat dan tidak efektif memulai promosi ulang dari nol, tapi dengan label merek Sharp, Infocus tetap bisa menjual produk di Indonesia tanpa harus repot, kedua merek tentu sama-sama untung.

Sharp R1: Smartphone 5.2 inci, RAM 3GB, Baterai 4000 mAh, Harga Murah 5
Sharp R1

Mungkin begitu, atau mungkin begini, kami sendiri belum yakin skema tersebut 100% benar. Oke, Buktinya apa? sejauh ini ada tiga produk smartphone Sharp yang ada di Indonesia dan hubungannya dengan Infocus.

  1. Sharp Z2 = Infocus Epic 1
  2. Sharp M1 = InFocus M535+
  3. Sharp R1 = Infocus M5s (Kode: FS8014 dan IF9001)

Maka dari itu, Infocus A3 dan Infocus Turbo 5 Plus nantinya kemungkinan besar juga akan hadir dengan merek Sharp, perbedaan kecil desain dan spesifikasi akan mungkin terjadi.

Spesifikasi Infocus A3 membuatnya bakal dijual murah, yakni layar 5.2 inci HD dengan prosesor 1.3Ghz Quad Core Mediatek MT6737W dan sudah 4G LTE, lalu ada RAM 2GB dan memori internal 16GB. Saat ini menjalankan Android 7.0 Nougat dan baterai berkapasitas 3000 mAh.

Di belakang tersedia kamera belakang ganda, yaitu duet 13MP + 2MP, lalu di depan ada 8MP. Estimasi harganya tidak sampai 1,5 Juta Rupiah.

Sharp Indonesia Siapkan 2 Smartphone Baru: Kamera Ganda dan Baterai Besar 5
Gambar paling atas dan yang ini : Infocus Turbo 5 Plus

Sedangkan untuk Spesifikasi Infocus Turbo 5 Plus adalah dengan layar 5.5 inci HD dan bertenaga prosesor 1.5Ghz Octa Core Mediatek MT6750. Didukung RAM 3GB, memori internal 32GB serta Android 7.0 Nougat.

Phablet dengan kamera belakang ganda 13MP + 5MP dan kamera depan 5MP ini punya keunggulan berupa baterai besar, yakni 5000 mAh. Prediksi kami harganya antara 2 sampai 2,5 Juta rupiah saja.

Kita nantikan saja kedua smartphone ini meluncur di Indonesia, padahal kami pinginnya Sharp Aquos R Compact, okelah kalo begitu.

Deteksigadget

You May Also Like

More From Author

+ There are no comments

Add yours

Leave a Reply