GadgetEvo Ulasan – Vernee M5: Smartphone RAM 4GB Termurah se-Bumi

Siapa yang akan menyangka, bahwa cuma perlu 2 tahun saja sampai smartphone RAM 4GB bisa ditebus dengan perasaan bahagia, artinya pemilik senang, dompet pun senang, ini yang bisa digambarkan saat bertemu Vernee M5.

GadgetEvo Ulasan - Vernee M5: Smartphone RAM 4GB Termurah se-Bumi 1

Smartphone dengan nilai jual yang bagus memang layak dibeli, tim GadgetEvo sendiri cuma mengulas secara spesial, produk yang fenomenal. Sayangnya produk fenomenal itu juga banyak, jadi kami pilih yang “Ter”.

Masih ingat di 2015 lalu dimana smartphone RAM 4GB dijual dengan harga termurah $249, kini Vernee M5 dengan spesifikasi dan tingkat kekinian yang lebih baik, justru dijual tidak sampai setengahnya, yakni $119.

1 – Fisik

Vernee M5 memiliki desain yang keren banget!, kekinian dan simpel, salah satu yang punya tingkat ergonomi dalam genggaman yang paling bagus, bagian samping melengkung dan begitu pula sudutnya.

GadgetEvo Ulasan - Vernee M5: Smartphone RAM 4GB Termurah se-Bumi o

Material menggunakan plastik yang memiliki kesan layaknya metal dari segi visual, namun saat disentuh akan terasa bedanya, dan itu secara efektif menjadi salah satu kekurangannya karena terasa licin, grip di genggaman sangat buruk terutama saat tangan kering.

Smartphone ini tipis, enteng dan nyaman dioperasikan dengan satu tangan, dipakai untuk gaming dengan dua tangan juga oke, posisi fingerprint juga mudah dijangkau.

2 – Layar

Kaca 2.5D sebagai layar memang sangat baik, terutama dari segi interaksi dan kenyamanan penggunaan. Dan Vernee M5 memiliki layar kaca yang berkualitas, halus dan tidak mudah bagi sidik jari untuk menempel.

GadgetEvo Ulasan - Vernee M5: Smartphone RAM 4GB Termurah se-Bumi 5

Layarnya sendiri berukuran 5.2 inci tipe Incell yang sayangnya menggunakan tombol kapasitif di dalam layar, sehingga terkesan mengurangi ruang aktif panel sentuh. Resolusi layarnya HD 1280 x 720 pixel, termasuk jernih!

Kami tidak mendapati data tentang jenis proteksi layarnya, jadi kami asumsikan tidak ada, dan hal itu terbukti benar karena hanya terjatuh ringan, kaca langsung retak.

3 – Performa

Vernee M5 memiliki dua slot Nano SIM Hybrid, Konfigurasi yang mainstream, yakni 1.5Ghz Octa Core Mediatek MT6750T, RAM 4GB, memori internal 32GB, dan slot kartu SD maksimal 256GB dengan memangsa slot SIM 2.

Performa gaming sudah sangat lancar tanpa lag, Game berat macam Halo, Asphalt, Real Racing 3 dan Worms 4 juga lancar jaya, kecuali di adegan cutscene kadang tersendat. Skor AnTuTu yang didapatkan berada di kisaran 44-45 ribu. Saat dipakai agak lama, akan terasa lumayan panas dan bikin males megang.

GadgetEvo Ulasan - Vernee M5: Smartphone RAM 4GB Termurah se-Bumi 3

Sistem operasi yang dijalankan adalah VOS 1.0 berbasis Android 7.0 Nougat, sejujurnya kami tidak tau apa perbedaan dari segi tampilan yang dimiliki VOS. Dua hal yang kami rasakan bedanya dibanding Android Nougat standar adalah aplikasi pesan yang lebih unik dan aplikasi DuraSpeed untuk membatasi operasi aplikasi latar.

4 – Kamera

Hasil jepretan gambar yang bagi kami cukup memuaskan dari sebuah aplikasi kamera bawaan yang sangat standar. Vernee M5 mampu menghasilkan gambar berkualitas dengan cahaya dan warna yang natural. Well, suara shutter kamera tidak bisa dimatikan.

Tersedia kamera belakang 13 Megapixel dengan kecepatan autofokus yang lambat. Sedangkan di depan buat selfie ada 8 Megapixel dengan beautifikasi pintar dan otomatis. Fitur auto beautify ini akan mendeteksi bagian wajah, menghilangkan jerawat dan mencerahkan warna kulit.

Sampel: Gambar dibawah ini sudah di perkecil menjadi 25% saja.

Seperti yang bisa diduga, saat siang dan cahayanya bagus, maka kamera akan berhasil mengambil gambar tajam dan detail, bagus lah pokoknya. Tapi bila gambar tersebut di Zoom akan pecah, kami gak yakin kalo sensor kamera ini beneran 13MP, menurut kami, sensor yang digunakan cuma 8MP saja, atau lebih kecil dari itu.

Sementara kamera selfie, hasil beautifikasinya begitu menawan dan tidak natural, jadi tidak tega mau menaruh perbandingan before-after disini, tapi boleh lah.

Perekaman Video? cukup bagus dan detail, ada EIS disini untuk mengurangi video bergoyang, tapi hasilnya hampir tidak berbeda.

5 – Konektivitas

4G LTE berjalan baik menggunakan kartu 3 dan im3, lokasi di kota Denpasar, mungkin ada pemilik Vernee M5 yang bingung mengapa smartphone mereka tidak bisa menggunakan data internet, pastikan pengaturan APN sudah benar, karena default-nya adalah “Internet ID”, jadi harus diubah secara manual.

GadgetEvo Ulasan - Vernee M5: Smartphone RAM 4GB Termurah se-Bumi 9

Konektivitas lain seperti Wi-fi b/g/n dan Bluetooth 4.0 juga normal, GPS termasuk akurat dan cepat yaitu 3-4 meter dan waktu 5 detik untuk mendapatkan lokasi akurat menggunakan aplikasi GPS Test, termasuk dengan dukungan fitur Kompas.

Untuk sensor, simpel saja dengan GPL, Accelerometer dan Geo, sedangkan Gyroscop tidak ada.

6 – Baterai

3300mAh yang tertanam di bodi ramping smartphone ini sanggup memberikan waktu siaga hingga 10 hari lebih. Yang dimaksud siaga disini cuma aktif biasa tanpa kartu SIM, sedangkan untuk Siaga dengan 1 SIM 4G tanpa dipakai cuma bertahan kurang dari 3 hari.

GadgetEvo Ulasan - Vernee M5: Smartphone RAM 4GB Termurah se-Bumi g

Kemudian untuk bermain game, nonton di Youtube, buka twitter dan atau sebagai rata-rata penggunaan normal, bisa bertahan lebih dari 12 jam dan masih sisa 1/4, lumayan lah.

Seperti yang bisa diharapkan dari Vernee, memang beberapa produk terakhir terkesan unik, karena walaupun baterainya besar, tapi tubuh dan bobotnya tetap kecil, termasuk Vernee M5 ini.

7 – Fitur Lain

Fitur lain yang dimiliki Vernee M5 diantaranya adalah

  • Fingerprint yang terletak di belakang
  • Lampu notifikasi dua warna
  • Sensor Geomagnetik dan Accelerometer. Tidak ada Gyroscope disini
  • Update OTA, Vernee M5 sudah mendapatkan dua kali pembaruan
  • Fitur-fitur standar Android 7.0 Nougat

Kesimpulan: Tidak ada yang perlu dikeluhkan, ini adalah tipe smartphone yang bisa ditemukan dimana saja, tapi dengan harga yang spesial.

Untuk ukuran sebuah smartphone dengan RAM 4GB termurah se planet bumi (Entah apa ya smartphone termurah di planet Mars), ini memang produk yang bagus, baik luar dan dalam, penampilan luar memang keren dengan build quality yang rapi, selain itu juga ergonomis dan ringan.

GadgetEvo Ulasan - Vernee M5: Smartphone RAM 4GB Termurah se-Bumi 7

Performa yang mumpuni, bahkan lebih untuk kebutuhan multitasking rata-rata di saat ini dengan OS kekinian yang terus diperbarui via OTA oleh sang Produsen.

Kalopun ada kekurangan, maka itu tetap tidak mengurangi statusnya sebagai Smartphone RAM 4GB terbaik dengan harga termurah. Oh iya, versi ROM 32GB sudah tidak lagi dijual, dan sekarang cuma ada varian 64GB saja.

Semoga bermanfaat

GadgetEvo

GadgetEvo

Penggemar gadget terkini, penulis blog GadgetEvo.com yang mencari referensi ke brand Smartphone di seluruh dunia

You May Also Like

More From Author

2Comments

Add yours

Leave a Reply