10 Tips & Trik Menghemat Baterai Asus Zenfone Series

Ya, 10 Tips Menghemat Baterai Asus Zenfone Series ini adalah hasil dari riset kami selama menggunakan Smartphone Asus Zenfone baik itu 4 dan 5, Smartphone yang baru-baru ini mendapatkan Android 4.4.2 Kitkat memang greget, selain dibanderol dengan harga murah, juga memiliki spesifikasi yang bagus.

Penghematan batere erat kaitannya dengan efisiensi RAM, penggunaan RAM bergantung kepada jumlah proses yang berjalan dan seperti apa proses tersebut, seperti misalnya, jumlah RAM yang dikonsumsi Game NFS tentu berbeda dengan Game Metal Slug.

10 Tips Menghemat Baterai Asus Zenfone Series

1. Tampilan, Simpel itu Indah, sebaiknya tidak menggunakan Auto-Rotate Screen, dan tidak memperlama waktu untuk hidup, lebih baik 1 menit atau dibawahnya agar layar otomatis mati sendiri. Konsumsi batere Zenfone series yang utama adalah layarnya.

10 Tips & Trik Menghemat Baterai Asus Zenfone Series sdd

2. Kecerahan Layar, Tingkat Kecerahan layar, semakin terang semakin boros, minimalkan penggunaan kecerahan kecuali lagi berada di ooutdoor.

10 Tips & Trik Menghemat Baterai Asus Zenfone Series sd

3. Aksesibiltas, Non-aktifkan Auto Rotate Screen juga bisa melalui ini, kemudian tidak perlu menggunakan teks ukuran besar atau fitur ‘Speak Passwords’

10 Tips & Trik Menghemat Baterai Asus Zenfone Series r

4. What’s Next, Quick Access memang penting, jadi terserah mau diaktifkan atau tidak, sedangkan What’s Next sendiri membutuhkan koneksi internet dan Pengaturan Lokasi untuk berjalan, What’s Next bagi saya tidak begitu berguna.

10 Tips & Trik Menghemat Baterai Asus Zenfone Series w

5. Location, Pengaturan ini juga memboroskan batere, pengaturan ini juga menjadi syarat agar aplikasi bawaan ZenUI yaitu What’s Next bisa berjalan dengan baik, bila tidak menggunakan What’s Next, lebih baik dinonaktifkan.

10 Tips & Trik Menghemat Baterai Asus Zenfone Series s

6. Show Notification, Tidak mengaktifkan pemberitahuan untuk beberapa aplikasi, misalnya game atau aplikasi yang tidak penting, caranya ke menu Setting > Aplikasi > pilih aplikasi kemudian uncheck ‘Show Notification’

10 Tips & Trik Menghemat Baterai Asus Zenfone Series n

7. Boost, Gunakan Fitur Boost yang ada di menu Quick Setting (Pengaturan Cepat) untuk memaksimalkan RAM, atau membersihkan task manager dari aplikasi yang tidak tertutup sepenuhnya dan berjalan di background. Cara ini simpel, cepat tapi bermanfaat untuk menghemat RAM dan memaksimalkan hidup batere.

10 Tips & Trik Menghemat Baterai Asus Zenfone Series r

8. Auto Backup, Bila menggunakan Akun Google dan terdapat aplikasi Picasa, sebaiknya non-aktifkan fitur Auto Backup, agar aplikasi ini tidak diam-diam mengambil foto anda untuk dibuat cadangannya di cloud picasa google, Selain memboroskan kuota data, juga ikut berperang ‘memeras’ kinerja batere.

10 Tips & Trik Menghemat Baterai Asus Zenfone Series b

9. Ultra Saving Mode, Gunakan pengaturan ini untuk memaksimalkan hidup batere dan menonaktifkan koneksi ketika perangkat Zenfone anda sedang tidur.

10 Tips & Trik Menghemat Baterai Asus Zenfone Series po

10. Tetap Up-To-Date, Pembaruan System tentu saja membawa perubahan yang baik kepada perangkat, baik itu dalam hal fitur, performa dan penghematan batere, versi update terbaru di Awal bulan Desember 2014 ternyata berfungsi untuk meningkatkan performa dan memperpanjang waktu hidup batere, dan itu adalah update terbaik semenjak Smartphone ini mendapatkan versi Kitkat.

10 Tips & Trik Menghemat Baterai Asus Zenfone Series u

Hasil bisa berbeda di tiap perangkat, mungkin masih ada lagi pengaturan dan trik yang luput dari saya dan para pembaca lebih tau.

Pengalaman saya, Batere Zenfone series memang boros karena kapasitas batere yang kecil, Khusus Asus Zenfone 4 Generasi pertama dengan Batere 1200 mAh itu sangat terasa sekali borosnya, begitu pula dengan Zenfone 5 RAM 2GB yang akrab dengan powerbank.

Zenfone series sudah dikonfirmasi bakal mendapatkan versi Android 5.0 Lollipop pada 2015 ini, diharapkan agar batere tetep hemat tanpa mengorbankan performa, Semoga bermanfaat 😉

Deteksigadget

You May Also Like

More From Author

+ There are no comments

Add yours

Leave a Reply