Blackview BV8000 Pro mendapat Android Oreo: Waspada sebelum Update

Blackview BV8000 Pro konon menjadi salah satu smartphone rugged terlaris di dunia, peminatnya saja di Indonesia sangat banyak, spesifikasi yang bagus ditambah harganya yang juga kompetitif. Kini Android 8.0 Oreo sudah hadir secara resmi.

Blackview BV8000 Pro mendapat Android Oreo: Waspada sebelum Update 1

Hal yang sangat positif bagi Blackview, karena brand ini sudah terjaga reputasinya untuk selalu memperbarui perangkat lunak smartphone, sehingga walaupun modelnya ketinggalan, tapi dalamnya tetap up-to-date.

Sebenernya update ini sudah dirilis pada pertengahan Juli 2018 lalu, namun kami belum menemukan detail mengenai pengguna yang sudah mengkorfirmasi kebenaran update ini.

Update ke Android Oreo 8.0 ini sejauh ini bisa dilakukan dengan tiga cara, yakni OTA, Mikro SD (Local Update) dan metode manual (Flashing).

Penting!!, Sebelum update, pastikan untuk mencadangkan data-data penting untuk mengantisipasi kemungkinan terburuk, disarankan menggunakan Google Backup.

Blackview BV8000 Pro mendapat Android Oreo: Waspada sebelum Update 3

Buat yang sudah dapat OTA, SELAMAT!!, tapi sayangnya menurut Blackview, hanya sejumlah kecil dari perangkat yang mendapatkan update via OTA, kami belum mendapatkan kode produk mana saja yang mendapat update OTA.

Yang kedua adalah update via kartu SD alias Local Update, file-nya bisa diunduh pada forum resmi Blackview disini, pada bagian BV8000Pro_blackview_2018062921. Langkahnya adalah sebagai berikut:

  1. Simpan File-ZIP ROM baru ke kartu SD atau internal, directory Root yaa.
  2. Matikan perangkat
  3. Tekan dan Tahan tombol Volume +, kemudian tanpa melepas tombol itu, tekan dan Tahan tombol Power hingga muncul logo Blackview. Segera setelah logo Blackview muncul, lepas tombol Power tetapi TETAP MENEKAN tombol Volume + hingga muncul gambar robot android rusak dengan teks “No Command” muncul.
  4. Lalu TEKAN dan TAHAN tombol Power, kemudian tanpa melepas tombol itu, tekan HANYA SEKALI tombol Volume +. Sekarang lepaskan tombol Power. Sekarang harusnya sudah terlihat daftar pilihan opsi pemulihan (recovery) sistem Android di layar.
  5. Gunakan tombol Volume – atau + untuk memilih opsi “apply update from sdcard“, lalu konfirmasikan dengan menekan tombol Power.
  6. Gunakan tombol Volume untuk menyorot / memilih ZIP-File yang Anda simpan di ponsel Anda pada langkah 1, kemudian konfirmasikan dengan menekan tombol Daya.
  7. Setelah pernyataan “Install from sdcard complete” muncul, gunakan tombol Volume untuk memilih opsi “reboot system now“, kemudian konfirmasikan dengan menekan tombol Power.

Pihak Blackview menyarankan untuk mengatur ulang perangkat ke pengaturan standar alias Factory Reset untuk menghindari masalah yang aneh-aneh.

Cara kedua tersebut sudah dikonfirmasi banyak yang berhasil, namun ada kalanya keberuntungan kurang memihak dan cuma bertemu kegagalan di kedua cara diatas, maka… saatnya…

 

Yang ketiga, adalah metode flashing, kami sebenernya paling tidak suka cara ini, dan juga bukan orang yang ahli dalam urusan ini, jadi kami sarankan untuk ke forumnya langsung disini.

Apa yang didapat di Blackview BV8000 Pro setelah Update Oreo?

Menurut Blackview, tidak banyak tampilan yang berubah setelah update, tapi ada beberapa peningkatan yang cukup penting, diantaranya adalah:

  • Kinerja – Selain Booting lebih cepat, juga manajemen cache yang lebih baik dan pintar.
  • Notifikasi – tekan dan tahan notifikasi untuk mengatur pemberitahuan secara spesifik atau menjeda untuk waktu tertentu.
  • Baterai – Peningkatan kontrol yang lebih baik tentang aplikasi di latar dan aplikasi yang sering muncul di notifikasi, juga mengurangi perilaku aplikasi nakal yang bikin habis daya baterai.
  • Picture-in-Picture
  • Pengaturan baru – Oreo telah mendesain ulang halaman pengaturan sehingga tampak lebih ramping dan intuitif.
  • Google Play Protect – untuk meningkatkan keamanan aplikasi Play Store
  • Emoji – di Android 8.0, Terlihat lebih mirip kartun dan lebih ekspresif.
  • Pintasan Tersemat – tekan lama ikon aplikasi di desktop kemudian submenu dapat muncul dan bisa dapat dengan cepat menggunakan beberapa fitur aplikasi.
  • Pengaturan Cepat – tekan lama desktop untuk membuat pengaturan cepat yang dipersonalisasi.

Well, semoga berhasil, semoga bermanfaat.

GadetEvo

Leave a Reply