Samsung Galaxy S9 & S9 Plus: Performa Kuat, Kamera Dahsyat, Harga Berat

Samsung Galaxy S9 dan S9 Plus secara resmi dirilis, tepat di awal acara MWC 2018 dan langsung saat itu juga membuka preordernya di Indonesia, generasi baru super flagship Samsung memang menarik untuk diikuti.

Samsung Galaxy S9 & S9 Plus: Performa Kuat, Kamera Dahsyat, Harga Berat 5

Penampilan Samsung Galaxy S9 series ini cocok dengan render dan bocoran yang menyertainya sejak akhir 2017 lalu, sehingga wajar kalo produk kloningnya juga sudah banyak beredar.

Dari segi desain sebenernya tidak terlalu banyak bedanya dibanding Galaxy S8 sebelumnya, cuma kali ini sudah menggunakan kamera belakang ganda yang rumahnya memanjang dan menyatu dengan fingerprint.

Bagian rangka terbuat dari logam, sedangkan bagian depan dan belakang menggunakan kaca Corning Gorilla Glass 5, selain lebih kuat dan elegan, juga memastikan ergonomi tetap bagus.

Performa dan Kamera Samsung Galaxy S9 / S9 Plus

Galaxy S9 dan S9+ masing-masing menampilkan layar Super AMOLED 5,8 inci dan 6,2 inci dengan resolusi resolusi QHD+ 2960 x 1440 piksel. Menurut Samsung, kedua smartphone ini hadir dengan jenis lapisan baru yang menjadikan warna hitam pada layar terlihat lebih gelap.

Samsung Galaxy S9 & S9 Plus: Performa Kuat, Kamera Dahsyat, Harga Berat 7

Dan seperti yang bisa diduga, bukan Snapdragon 845 yang hadir di Indonesia, karena chip tersebut eksklusif untuk Amerika utara dan Cina. Versi Indonesia kebagian prosesor 2.7Ghz Octa Core Exynos 9810 yang tetap kuat, hasil skor AnTuTu bahkan lebih tinggi dibanding iPhone X.

Keduanya memiliki tiga versi memori internal, yakni 64GB, 128GB dan 256GB. Sementara ini yang ada di Indonesia cuma versi 64GB saja, namun gak perlu khawatir karena ada slot kartu SD juga hingga 400GB.

Samsung Galaxy S9 memiliki RAM 4GB dan baterai 3000 mAh, sementara S9+ ditunjang RAM 6GB dan baterai 3500 mAh. Keduanya menyediakan dukungan Quick Charge 2.0 dan pengisian daya nirkabel.

Untuk sistem operasi yang digunakan sudah Android 8.0 Oreo dengan kustom antarmuka Grace UX terbaru.

Samsung Galaxy S9 & S9 Plus: Performa Kuat, Kamera Dahsyat, Harga Berat 9

Nah, sektor kamera menjadi lebih dahsyat karena menjadi titik peningkatan terbesarnya, sekaligus untuk pertama kalinya menghadirkan kamera ganda di seri S.

Kamera belakang di Galaxy S9 dan sensor utama di S9+ menyediakan lensa 12 megapiksel dengan aperture variabel f/1.5 sampai f/2.4 dan LED Flash. Lensa ini juga dilengkapi dengan Optical Image Stabilization (OIS) dan dual pixel autofocus.

Kehadiran aperture variabel memungkinkan untuk mengambil gambar yang menakjubkan dalam kondisi kurang cahaya atau saat kondisi terang, misalnya backlight. Sedangkan kamera kedua dari sistem kamera ganda S9+ adalah lensa telefoto 12 megapiksel yang dilengkapi dengan aperture f/2.4, OIS dan autofocus dual-pixel.

Samsung Galaxy S9 & S9 Plus: Performa Kuat, Kamera Dahsyat, Harga Berat 3

Galaxy S9 dan S9+ bisa merekam video 4K dengan kecepatan 60 fps dalam format HVEC yang baru. Bisa juga merekam video gerak lambat dengan kualitas HD hingga 960 fps. Untuk selfie, duo Galaxy S9 memiliki kamera 8 megapiksel dengan aperture f/1.7 dan autofocus.

Konektivitas yang tersedia adalah 4G LTE, 3G, Wi-fi a/b/g/n/ac, Bluetooth 5.0, GPS, A-GPS, GLONASS, BDS, GALILEO, NFC dan USB Tipe-C.

Fitur Samsung Galaxy S9 / S9+

Fitur-fitur Samsung Galaxy S9 series ini sangat melimpah, selain fingerprint dan rating IP68 untuk ketahanan air dan debu, ada juga fitur keamanan lain seperti KNOX dan Intelligent Scan yang menggabungkan pemindai iris dan pengenalan wajah.

Disini juga ada speaker stereo yang disetel oleh AKG, lengkap dengan dukungan Dolby Atmos. Samsung mengklaim bahwa speaker stereo pada keduanya ini 40 persen lebih keras dari versi sebelumnya. Dan smartphone ini masih menyediakan lubang jack 3.5mm.

Kamera depan di Samsung Galaxy S9 series bisa digunakan untuk membuat avatar 3D yang disebut AR Emoji. Aplikasi kamera tersebut akan menangkap gambar wajah dan menghasilkan avatar 3D, selanjutnya aplikasi akan membuat stiker emoji animasi berdasarkan avatar 3D. Stiker emoji ini akan tersedia melalui keyboard sehingga bisa digunakan saat mengirim pesan.

Samsung Galaxy S9 & S9 Plus: Performa Kuat, Kamera Dahsyat, Harga Berat 1

Masih banyak fitur baru dan keren lainnya, seperti penerjemahan langsung melalui aplikasi kamera, berbagi tampilan layar yang sama ke perangkat Samsung lain, dan macam-macam, Bixby selaku “asisten” mendapatkan peningkatan kemampuan untuk terus lebih baik lagi.

Harga Samsung Galaxy S9 / S9+

Harga Samsung Galaxy S9 di Indonesia versi ROM 64GB mencapai Rp. 11.499.000,- alias 11,5 Juta Rupiah. Sedangkan Samsung Galaxy S9+ versi ROM 64GB dibanderol Rp. 12.999.000,- alias 13 Juta Rupiah pas. Tersedia dalam tiga warna, yakni hitam, biru koral dan ungu.

Harga yang bener-bener Wow, lebih mahal dibanding yang mahal dan juga lebih mahal dibanding generasi sebelumnya. Bila mengacu pada harga di Amerika, maka di Indonesia kemahalan 1,5 Juta. Tim deteksigadget.com tidak menyangka kalo Samsung S9 series akan dijual seharga ini.

Spesifikasi Lengkap Samsung Galaxy S9 / S9+

Deteksigadget

You May Also Like

More From Author

+ There are no comments

Add yours

Leave a Reply