Janjikan Kapasitas Asli: Leagoo Power 5 bakal Punya Baterai 7000 mAh

Leagoo secara resmi mengumumkan akan segera masuk ke segmen baterai besar, produk tersebut adalah Leagoo Power 5 yang menjanjikan kapasitas asli sebesar 7000 mAh, kemungkinan produk ini akan hadir di acara MWC 2018.

Janjikan Kapasitas Asli: Leagoo Power 5 bakal Punya Baterai 7000 mAh 1

Lho, bukannya Leagoo memang sudah pernah bermain di segmen baterai besar? sepertinya belum, yang terbesar sejauh ini adalah Leagoo KIICAA Power dan itu cuma 4000 mAh, sedangkan besar bagi kami adalah kapasitas 5000 mAh keatas.

Leagoo Power 5 ini baru diumumkan, terlihat penampilannya cukup keren, punya layar tipe 18:9, tersedia kamera belakang ganda, lalu ada LED Flash di depan dan belakang, sejauh ini belum ada informasi lain tentangnya.

Disini Leagoo berkomitmen untuk memastikan kapasitas baterai 7000 mAh yang dimiliki Leagoo Power 5 adalah Asli, beneran 7000 mAh. Mengapa kok begitu serius sekali masalah ini?

Hal ini dilatarbelakangi oleh produsen smartphone yang sering berbohong mengenai kapasitas baterai smartphone sebenernya, terutama yang menggunakan baterai tipe tanam.

Janjikan Kapasitas Asli: Leagoo Power 5 bakal Punya Baterai 7000 mAh 7

Banyak produsen smartphone cenderung membesar-besarkan “mAh” pada label baterai mereka. Misalnya, baterai yang aslinya cuma 2915mAh mungkin memiliki label baterai 3500mAh atau bahkan 5000mAh!

Saat ini, masa pakai baterai menjadi semakin penting dalam penggunaan smartphone kita sehari-hari dan oleh karena itu banyak pengguna cenderung membeli gadget dengan baterai besar untuk eksis lebih lama tanpa khawatir kebelet mampir ke colokan listrik.

Tapi bagaimana menilai baterai smartphone yang memiliki “umur panjang”?, Jadi begini, Semua baterai smartphone hadir dengan spesifikasi milliampere-hours (mAh). Ini menunjukkan berapa lama baterai bisa bertahan untuk beroperasi.

Misalnya baterai 1900mAh dapat memasok 1900mAh arus ke sirkuit selama satu jam. Tapi karena rangkaian belum tentu butuh 1900 mAh arus sekaligus untuk operasi, baterai bisa memasok 380mA selama 5 jam, sejak 380 * 5 = 1900. Atau bisa memasok arus 190mA selama 10 jam, itu karena 190 x 10 = 1900. Jadi biasanya, ketika kita berbicara tentang masa pakai baterai, biasanya kita berbicara tentang “mAh” -nya.

 

Dan inilah mengapa banyak produsen yang berlebihan, alias ngibul. Iklan yang menyesatkan atau label palsu cukup umum di antara baterai smartphone saat ini, dan sialnya lagi, cukup sulit untuk tau mereka berbohong, atau tau kapasitas aslinya.

Lagi pula, yang disebut “Baterai tahan lama” yang diklaim oleh produsen smartphone hanyalah label lengket dengan nomor tertentu tercetak di di baterainya. Karena motivasi komersial, baterai “mAh” selalu dimodifikasi atau dibesar-besarkan oleh banyak produsen, terutama oleh brand kecil, seumur jagung lah.

Janjikan Kapasitas Asli: Leagoo Power 5 bakal Punya Baterai 7000 mAh 4

Ketika konsumen disesatkan oleh label palsu dan membeli smartphone “baterai tahan lama” ini, yang menanti mereka hanyalah masalah dan keluhan. Inilah sebabnya mengapa label baterai palsu menjadi ancaman yang meningkat dalam pembelian smartphone saat ini.

Karena itulah Leagoo menjanjikan bahwa kapasitas baterai yang diiklankan dan tertulis beneran asli, 7000 mAh ya berarti beneran 7000 mAh. Bila kebutuhan performa rata-rata smartphone jaman sekarang perlu 2200-2500 mAh per hari, maka ekspektasi kami Leagoo Power 5 bisa eksis selama 3 hari. Kita nantikan saja deh.

GadgetEvo

Leave a Reply