GadgetEvo Ulasan – Umidigi Crystal Tri-Bezel-Less: Istimewa Tapi Tak Puas

Blog ini, GadgetEvo.Com selalu menyajikan berita tentang smartphone kekinian dari brand yang tidak pernah terdengar sebelumnya, kadang juga ulasan yang kali ini adalah Umidigi Crystal, ini merupakan produk kedua Umidigi yang kami ulas setelah sebelumnya ada UMi Rome.

GadgetEvo Ulasan - Umidigi Crystal Tri-Bezel-Less: Istimewa Tapi Tak Puas gh

Umidigi Crystal dirilis dengan gegap gempita dan promosi yang terlalu gencar, harga promosi awal yang cuma $139 atau setara dengan 1.8 Juta Rupiah benar-benar tidak terkalahkan, bahkan pesaingnya tidak ada. Walau sekarang harganya lebih mahal yakni di rentang $149.

Kami memilih smartphone ini dengan pertimbangan pingin mencicipi rasa kekinian, kebetulan waktu itu Umidigi Crystal menawarkan sesuatu yang berbeda dengan harga yang cukup bersahabat di kelasnya. Langsung saja deh kita bahas:

1 – Fisik

Umidigi Crystal secara fisik terasa cukup berat dan solid, desain kotak dengan build quality yang sangat bagus, perpotongan antara layar, rangka dan cover hingga garis antena terlihat rapi dan tanpa celah. Saat bodi ditekan juga terasa kaku dan tidak ada bunyi-bunyi aneh.

GadgetEvo Ulasan - Umidigi Crystal Tri-Bezel-Less: Istimewa Tapi Tak Puas bv

Material yang digunakan adalah kaca di kedua sisi, depan dan belakang. Kaca tersebut membuat sidik jari mudah sekali menempel, layarnya cukup halus.

Kita tidak bisa berharap ergonomi satu tangan yang bagus disini karena inilah kelemahan smartphone tri-bezel-less. Nah, di bawaan Android 7 ada mode penggunaan satu tangan, kita bisa memanfaatkannya disini.

GadgetEvo Ulasan - Umidigi Crystal Tri-Bezel-Less: Istimewa Tapi Tak Puas vr

Secara visual memang tipis, terlihat keren dan elegan, kekurangan ada di bagian rumah kamera yang menonjol keluar sehingga bisa kena lecet dan tergores.

Bila dibandingkan dengan Xiaomi Mi Mix, mungkin Crystal ini jadi salah satu yang paling mendekati, harganya juga cuma seperempatnya.

 

2 – Layar

Umidigi Crystal tampil dengan layar 5.5 inci Sharp beresolusi HD 1920 x 1080 pixel, rasio layar masih konvensional 16:9, desain tri-bezel-less membuat rasio layar ke bodi mencapai 79% dan bezelnya tipis cuma 2mm.

Sudut pandang mantap, dan kecerahan layar sekitar 450 nits yang sudah cukup bagus untuk bisa terlihat baik di kondisi kurang cahaya. Sementara batas paling redup sangat cocok untuk menggunakannya di kondisi kurang cahaya.

GadgetEvo Ulasan - Umidigi Crystal Tri-Bezel-Less: Istimewa Tapi Tak Puas 8

Mengenai adanya Corning Gorilla Glass 4 atau tidak, kami tidak tau apakah Umidigi jujur atau tidak, karena sebagai produk jadi, susah membedakannya.

3 – Performa

Umidigi Crystal memiliki dua slot Nano SIM Hybrid, Konfigurasi yang mainstream, yakni 1.5Ghz Octa Core Mediatek MT6750T, RAM 4GB, memori internal 64GB, dan slot kartu SD maksimal 256GB.

Performa gaming sudah sangat lancar tanpa lag, namun di beberapa adegan cutscene pada beberapa Game berat macam Halo, Real Racing 3 dan lainnya masih agak tersendat. Skor AnTuTu yang didapatkan berada di kisaran 44 ribu.

GadgetEvo Ulasan - Umidigi Crystal Tri-Bezel-Less: Istimewa Tapi Tak Puas 32

Ini adalah hal yang dimaklumi untuk sebuah smartphone seharga $139, sejujurnya tidak ada yang bisa dikomplain disini, kami puas dengan performanya.

4 – Kamera

Kamera di Umidigi Crystal adalah duet 13MP + 5MP Samsung S5K3L8, 5p Lens, f/2.2. Gambar yang dihasilkan memang termasuk layak, seperti biasa untuk smartphone Cina pada umumnya, kalo di kondisi kurang cahaya memang kurang begitu memuaskan.

Dalam kondisi standar saat siang, beberapa bagian warna terlihat kurang natural, saturasi warna juga bakal berlebihan saat autofokus dikacaukan paparan cahaya. Mengenai efek Blur/Bokeh, memang sih ada, cuma kurang optimal saja, terkesan kayak apa yahh.. ee… cuma akal-akalan software saja.

Bila mengacu pada kapabilitas dari chipset Mediatek, maka MT6750T yang digunakan memang kurang optimal untuk kamera ganda, karena baru Helio P23 dan P30 saja yang mendukung sepenuhnya.

Sedangkan kamera selfie ada 5 Megapixel tersedia di pojok kanan bawah, harus membalik layar untuk bisa mendapat arah yang tepat, dan tentu saja posisi shutternya jadi diatas, jadi agak susah menangkap gambarnya.

5 – Konektivitas

4G LTE milik Umidigi Crystal berfungsi dengan baik di Indonesia, sinyalnya begitu kuat bahkan untuk kartu 3. Wi-fi a/b/g/n dan Bluetooth juga berfungsi dengan baik. Sedangkan untuk GPS mencoba 3 kali pengujian dan mendapatkan nilai rata-rata 7 detik untuk mendapatkan lokasi akurat.

Kemudian ada USB Tipe-C dengan OTG, ini merupakan salah satu daya tawar yang bagus karena tidak perlu lagi khawatir salah posisi mencolok lubang seperti pada Mikro USB. Dan masih ada juga lubang audio 3.5mm.

GadgetEvo Ulasan - Umidigi Crystal Tri-Bezel-Less: Istimewa Tapi Tak Puas mt

6 – Antarmuka Pengguna dan Fitur lain.

Saat ini Umidigi Crystal menjalankan Android 7.0 Nougat yang murni tanpa kustomisasi, saat booting pertama kali, langsung mendapatkan update OTA.

Kami sebenernya mengharapkan Umi OS seperti yang ada di Umidigi C2, namun kalo murni begini sepertinya malah praktis, semua fungsi standar android 7 seperti layar terpisah, perekaman layar, tangkapan layar dan lainnya lancar jaya saja.

GadgetEvo Ulasan - Umidigi Crystal Tri-Bezel-Less: Istimewa Tapi Tak Puas f

Fitur lainnya adalah Lampu notifikasi berupa garis tipis yang terletak dibawah layar, lampu notifikasi macam gini memang sangat langka, kemudian ada fingerprint di belakang.

7 – Baterai

Baterai yang tidak bisa dilepas tersebut berkapasitas 3000 mAh, di kondisi pemakaian normal, yakni Dual SIM aktif dengan konektivitas 4G, main game, sosmed dan lainnya, bisa bertahan lebih dari 30 jam. Sedangkan waktu siaga dengan hanya Wi-fi yang terhubung, bisa tahan 10 hari.

Pengisian daya hingga penuh membutuhkan waktu hingga 2 jam. Adaptor warna hitam dan kabel warna merah, keren sekali!. Cek juga Unboxing Umidigi Crystal ini

GadgetEvo Ulasan - Umidigi Crystal Tri-Bezel-Less: Istimewa Tapi Tak Puas gg

Kesimpulan:

Umidigi Crystal memang salah satu smartphone tri-bezel-less terbaik bila mengacu pada data diatas kertas, sedangkan pembuktian diatas tangan tidaklah mengecewakan, malah cukup memuaskan untuk harga yang ditawarkan.

Cocok untuk: Kamu yang menginginkan tren kekinian, visual yang bagus, smartphone performa yang bisa diandalkan dengan dana terbatas, atau gadget sehari-hari yang bisa dioperasikan dengan dua tangan.

Tidak cocok untuk: Yang mengharapkan kenyamanan saat digunakan, yang pingin layar performa tinggi atau yang doyan fotografi.

Umidigi Crystal memang produk yang berada diluar jangkauan kita, wajar bila service center tidak ada di Indonesia. Brand Cina seperti ini biasanya sangat bagus dan tidak rumit untuk urusan garansi, sehingga banyak penjual dan retailer yang percaya diri terharap dagangannya. Jadi tidak perlu khawatir.

GadgetEvo

Leave a Reply