RAM 4GB & ROM 64GB: Kombinasi Terbaik di Smartphone Kelas Atas

Belakangan ini cukup banyak smartphone yang menggunakan konfigurasi memori RAM 4GB dan memori internal 64GB, dan harganya pun semakin murah, kita bisa mendapatkannya dengan harga hingga dibawah 2 juta Rupiah!! ngeri yaa??

RAM 4GB & ROM 64GB: Kombinasi Terbaik di Smartphone Kelas Atas 4

Yup, Kebanyakan orang setuju bahwa dalam urusan RAM dan ROM, semakin besar maka semakin baik. Tapi sebenarnya memori yang terlalu besar itu semakin mahal dan bisa jadi cuma buang-buang duit saja.

Kita sebenarnya tidak membutuhkan banyak ruang penyimpanan. Jadi seberapa besar ruang penyimpanan yang terbaik? Kali ini ada Vernee yang memberikan beberapa ‘wejangan’ menyikapi hal tersebut.

Misalnya RAM 3GB, Saat smartphone aktif, biasanya cuma sisa 2GB di Android stock, atau cuma 1GB untuk smartphone branded karena biasanya menggunakan custom UI khusus dan aplikasi bloatware yang memangsa RAM lebih ganas.

Dan setelah digunakan sebentar, hanya sisa sekian ratus MB. Saat beralih ke aplikasi lain, RAM yang tidak mencukupi selalu menyebabkan lag dan bahkan benturan antar aplikasi. Di kondisi ini, bahkan prosesor yang kuat pun sama sekali gak berguna.

RAM 4GB & ROM 64GB: Kombinasi Terbaik di Smartphone Kelas Atas 2

Saat ini, smartphone kelas atas setidaknya dilengkapi dengan RAM 3GB. Dan kebanyakan pengguna berganti smartphone setiap 12-18 bulan. Oleh karena itu, smartphone RAM 4GB, seperti Vernee Apollo X dan lainnya yang dilengkapi RAM 4GB, menjadi populer, dan mereka bisa menggunakan smartphone dengan jangka waktu lebih lama, hingga 2 sampai 2,5 tahun.

Oke, saatnya beralih ke pertimbangan ROM

Di 2017 ini, apakah ROM 32GB itu cukup? Jawabannya kemungkinan besar “tidak”!!. Bila dikurangi dengan jatah untuk Sistem, palingan cuma tersisa sekitar 20GB saja, atau bisa hingga 25GB bila menggunakan basis ROM Murni.

Permasalahan makin kompleks karena smartphone sekarang kameranya makin bagus, sehingga kamera sekelas 13MP pun bisa mengambil sebuah gambar dengan ukuran 5MB, satu lagu dengan bit rate 320 bisa mengambil ukuran 15MB, apalagi game berat atau film HD yang biasanya membutuhkan lebih banyak penyimpanan?.

Aplikasi jejaring sosial masa kini seperti Facebook, Twitter dan lainnya akan membuat file cache bertambah banyak setiap kali digunakan. Selain itu, setiap update OS atau aplikasi akan menghadirkan fungsi baru dan antarmuka yang lebih baik, dan tentu menghabiskan lebih banyak penyimpanan untuk memastikannya.

Lho, kan masih bisa ditambah slot kartu SD?? Memang benar, tapi ada juga masalah baru, karena smartphone jaman sekarang menggunakan fungsi slot SIM 2 secara dual fungsi dengan kartu SD, jadi kalo menggunakan kartu SD, maka tidak bisa mengaktifkan SIM kedua, begitu juga sebaliknya.

Maka solusi paling rasional adalah penggunaan memori internal 64GB. Kapasitas sebesar itu diprediksi masih aman untuk tren kebutuhan pengguna hingga 2020 mendatang.

Jadi, kombinasi RAM 4GB dan ROM 64GB untuk smartphone kelas menengah keatas adalah kombinasi paling maut dan memuaskan untuk pengguna jaman sekarang.

GadgetEvo

GadgetEvo

Penggemar gadget terkini, penulis blog GadgetEvo.com yang mencari referensi ke brand Smartphone di seluruh dunia

You May Also Like

More From Author

+ There are no comments

Add yours

Leave a Reply