Xiaomi Redmi 4 VS Redmi 4 Prime VS Redmi 4A VS Redmi 4X: Mana yang Terbaik?

Xiaomi Redmi 4 series memang sudah eksis di Indonesia, dengan dua diantaranya hadir secara resmi oleh Xiaomi Indonesia, sedangkan dua lagi masih berstatus garansi distributor. Semua spesifikasi tersebut masih sama dengan produk global, mungkin hanya software yang berbeda.

Xiaomi Redmi 4 VS Redmi 4 Prime VS Redmi 4A VS Redmi 4X: Mana yang Terbaik? 1

Di Indonesia kini adalah empat Xiaomi Redmi 4 : Redmi 4A, Redmi 4, Redmi 4X, dan Redmi 4 Prime. Secara teknis, keempatnya punya spesifikasi yang berbeda, harganya juga berbeda-beda.

Walaupun begitu, keempatnya adalah produk best budget yang sangat diminanti dan diantisipasi, performa yang mumpuni, kamera yang bagus dan harga yang murah adalah sesuatu yang susah dicari di merek lain.

Jadi, mari kita buat sedikit perbandingan.

Layar Xiaomi Redmi 4 Series: Sama tapi Beda

Semuanya punya layar 5 inci yang merupakan ukuran minimal yang bisa digunakan dengan satu tangan, perbedaan terletak di resolusi. Untuk Redmi 4A, Redmi 4 dan Redmi 4X memiliki resolusi HD 1280 x 720 pixel, sedangkan Redmi 4 Prime beresolusi Full HD 1920 x 1080 pixel.

Harga dan Spesifikasi Resmi Xiaomi Redmi 4A di Indonesia 5
Xiaomi Redmi 4A Indonesia

Perbandingan antara HD dan Full HD adalah kerapatan piksel, 294 ppi melawan 441 ppi. Sepertinya Redmi 4 atau Redmi 4X adalah yang terbaik.

Prosesor: Adu Performa

Masing-masing punya chipset yang berbeda, walau masih satu merek. Xiaomi Redmi 4A menggunakan prosesor 1.4Ghz Quad-core Qualcomm Snapdragon 425 dengan GPU Adreno 308, lalu Redmi 4 ber-prosesor 1.4Ghz Octa Core Qualcomm Snapdragon 430 dengan Adreno 505.

Berikutnya untuk Redmi 4X menghadirkan prosesor 1.4Ghz Octa Core Qualcomm Snapdragon 435 juga dengan GPU Adreno 505, Snapdragon 435 memiliki kecepatan LTE Cat.7 dibanding Snapdragon 430 yang cuma LTE Cat. 4, sehingga kecepatan download lebih cepat.

Kemudian yang paling powerfull adalah Redmi 4 Prime yang dibekali prosesor Octa Core Snapdragon 625. Dari keempatnya, yang terbaik bagi kami tim deteksigadget.com adalah Redmi 4X.

Xiaomi Redmi 4 VS Redmi 4 Prime VS Redmi 4A VS Redmi 4X: Mana yang Terbaik? d
Xiaomi Redmi 4X Indonesia

Memori

Redmi 4A dan Redmi 4 hanya punya varian RAM 2GB dan memori internal 16GB, sedangkan Redmi 4X di Indonesia cuma dengan satu varian yakni RAM 3GB dan memori internal 32GB, adapun Redmi 4 Prime sama dengan Redmi 4X. Keempatnya mendukung slot kartu SD hingga 128GB.

Opsi terbaik adalah Redmi 4X atau Redmi 4 Prime.

Sektor Fotografi

Keempat Redmi 4 dibekali kamera belakang 13 Megapixel dan kamera selfie 5 Megapixel, khusus Redmi 4X memiliki apertur f/2.0 untuk kamera belakang, sedangkan yang lain ber-apertur f/2.2.

Kapasitas Batere

Tiga smartphone termahal yakni Redmi 4, 4X dan 4 Prime dibekali batere 4100 mAh, sedangkan Redmi 4A cuma 3120 mAh. Perbedaan antara kapasitas batere ini juga membuat beberapa perbedaan dalam hal fisik, seperti dimensi dan bobotnya.

Fingerprint

Ketiga varian termahal tersebut dibekali fingerprint di belakang, memang fingerprint adalah fitur yang kekinian sebagai metode keamanan biometrik. Sedangkan Redmi 4A yang paling murah, fitur tersebut absen.

Harga

  • Xiaomi Redmi 4A: Rp. 1.499.000,-
  • Xiaomi Redmi 4X: Rp. 2.099.000,-

Karena Redmi 4 dan Redmi 4 Prime belum dirilis secara resmi oleh Xiaomi Indonesia, maka harga ini hanya sekedar estimasi bila dirilis resmi.

  • Xiaomi Redmi 4: Rp. 1.899,000,-
  • Xiaomi Redmi 4 Prime: Rp.  2.299.000,-

Kesimpulan

Redmi 4A : Paling murah, batere paling kecil, Prosesor paling Lemah dan tanpa Fingerprint

Redmi 4: Memori sama dengan Redmi 4A, tapi punya prosesor dan batere yang jauh lebih baik, juga sudah dibekali fingerprint.

Redmi 4X: Paling kekinian, pilihan paling bijak bagi yang pingin memori besar, konektivitas bagus, fingerprint, tapi harga mepet, termasuk yang terbaik di kelas smartphone RAM 3GB.

Redmi 4 Prime: Spesifikasi terbaik di semua hal, sekaligus yang paling mahal, cocok untuk kegiatan berat terutama multimedia, namun ukuran tetap kompak dan bersahabat untuk penggunaan satu tangan.

Pertimbangan: Bila tidak peduli dengan resolusi layar, maka memilih Redmi 4X atau Redmi 4 adalah opsi terbaik saat ini. Sedangkan untuk pemula yang mau standar bagus, Redmi 4A adalah pilihan yang pas secara minimal. Kemudian bila kebutuhan ber-gadget Ria berada di level maksimal, maka cuma Redmi 4 Prime pilihannya.

Salah pilih memang gak perlu terjadi, karena pada dasarnya keempat Redmi 4 ini berada di rentang yang berbeda-beda, selalu diskusikan dengan isi dompet.

Deteksigadget

You May Also Like

More From Author

0Comments

Add yours
  1. 1
    Hanafi

    Makasih mimin buat postingan ini. Sangat2 membantu.. ane juga bingung mau pilih yg mana.. udah gitu gk tau processor yg mana paling terbaik diantara 4 varian ini. Btw yg redmi 4x ada varian ram 2gb,3gb, dan 4gb kan? Postingan lain ane lihat begitu..

Leave a Reply