Review Zuk Z2 Garansi Distributor: Kecil-Kecil Cabe Rawit Tapi Ribet

Yeah, Lenovo Zuk Z2 memang salah satu Smartphone yang menarik, perbandingan harga dan spesifikasi yang sangat bersahabat, sebagai smartphone 5 inci pertama dan mungkin satu-satunya yang dibekali prosesor Quad Core Snapdragon 820, karena saingan terdekat masih berukuran 5.1 inci.

Review Zuk Z2: Kecil-Kecil Cabe Rawit Tapi Ribet 1

Jadi, bisa dianggap kalo Zuk Z2 ini adalah Smartphone paling ramah dengan tangan kecil yang menggunakan Snapdragon 820, dan yang paling penting adalah, tidak hanya spesifikasi yang gahar, tapi juga harga.

Kami mendapatkan Zuk Z2 ini dengan harga 3,1 Juta Rupiah di Tokopedia dengan garansi Distributor, disebutkan kalo ini sudah ada playstore dan Bahasa Indonesia, yang belakangan membuat saya menyesal.

Desain Zuk Z2

Bentuk yang simpel dan keren, warna hitamnya begitu elegan, di bagian depan ada layar Gorilla Glass 3 dengan fingerprint yang cukup luas, bezelnya cukup tipis dan kalo anda beli warna putih, bakal kelihatan ada garis hitam jelek yang mengelilingi layarnya.

Di bagian belakang juga kaca Gorilla Glass 3 dengan bentuk flat yang rata, bagian belakang ini mudah kena jiplakan sidik jari, tapi hebatnya… dalam waktu singkat dia bisa hilang dan bersih sendiri, keren juga!!

Review Zuk Z2: Kecil-Kecil Cabe Rawit Tapi Ribet 1

Semua tombol terletak di bagian kanan, termasuk tempat memasukan nano-SIM, sedangkan port-port termasuk USB Tipe-C terletak di bagian bawah.

Pengalaman Pengguna Zuk Z2

Booting dan masuk, antarmuka yang sangat minimalis, cuma ada dua layar utama dan aplikasi bawaan yang sangat sedikit, smartphone ini menggunakan Bahasa Indonesia dan terinstall Playstore, semuanya lancar.

Tapi saya menyesal beli Zuk Z2 dengan Garansi Distributor

Kenapa? Garansi Distributor ini menggunakan Rom internasional versi 1.9.077 ST atau yang biasa disebut sebagai abal-abal, tidak ada update OTA, saat menekan tombol Pembaruan Sistem, maka langsung kembali ke Home, masalah berikutnya ada di Bluetooth yang tidak bisa nyala, batere boros dan cepat panas dan hal lain.

 

Apa hal lain tersebut, diantaranya adalah Malware Trojan Liuliangbao seperti yang dilaporkan Zukfans, malware ini terdeteksi bila menggunakan Malwarebytes, nyesek juga ternyata.

Maka pilihan satu-satunya adalah flashing ulang Zuk Z2 ke ROM Cina, saya menggunakan versi ROM Cina versi 2.0.069 melalui metode MiFlash, setelah proses flashing berhasil maka langsung mendapat update OTA ke versi 2.3,042 dan setelah update ke versi tersebut langsung mendapat notifikasi untuk update Nougat via OTA, cuma karena dikabarkan versi Nougat masih belum stabil, saya memutuskan untuk tidak mencobanya.

Review Zuk Z2: Kecil-Kecil Cabe Rawit Tapi Ribet 4

Dan tentu saja, semua permasalahan Zuk Z2 yang saya dapatkan diatas berhasil terselesaikan, tidak lagi panas dan boros, dalam penggunaan dual SIM dan digunakan internetan normal bisa bertahan hingga 1,5 hari lebih, lalu Bluetooth juga normal.

Sayangnya tidak ada playstore dan aplikasi Google lainnya, tapi bisa kok kalo mau diinstall secara manual, dan juga tidak bisa diubah ke Bahasa Indonesia, karena bawaan cuma ada Cina dan Inggris saja.

Cuma mau kasih saran, kalo memang gak mau ribet flashing dan tinggal pake tapi gak mau ada malware, mending jangan beli versi garansi distributor, beli saja yang menggunakan ROM Original Cina.

Performa, Fitur, Kamera Zuk Z2

Gak ada yang ngalahin… itu aja, diinstall aplikasi dan game berat semuanya smooth dan tanpa lag, seperti Dead Trigger 2, Modern Combat Blackout, NOVA dll, saya memang suka game FPS.

Tentu saja karena dibacking Snapdragon 820 dengan RAM 4GB dan memori internal 64GB, layar 5 inci Full HD-nya mampu memberikan impresi multimedia yang memuaskan, lupakan skor-skor AnTuTu karena saya lebih suka uji coba langsung.

Review Zuk Z2: Kecil-Kecil Cabe Rawit Tapi Ribet 7

Kamera Zuk Z2 bagi kami tidak terlalu spesial, jernih sih jernih, cuma rasanya kurang begitu berkesan saat bertemu di cahaya yang kontras ataupun saat kondisi kurang cahaya. Kamera selfie? wow banget, semua jerawat, komedo dan bintik-bintik terlihat jelas.

Konektivitas? Wi-fi, bluetooth, dan 4G sama sekali tidak ada masalah, sudah di tes di daerah Kuta-Bali yang memang dapet sinyal 4G.

Fitur-fitur standar yang dimiliki antara lain fingerprint, lalu senter, dan banyak lagi, fitur screenshotnya keren banget karena bisa diedit dan diperpanjang sedemikian rupa, mantap banget.

Sekian dulu deh, lain waktu akan kami pajang tutorial untuk mem-flashing ulang Zuk Z2 ke ROM Cina.

GadgetEvo

2 Comments

  1. Annas March 16, 2017
  2. Ikanteri September 4, 2017

Leave a Reply