Helio P20 Vs Helio P25: Seberapa Besar Perbedaanya?

Mediatek Helio P25 yang dirilis belum lama ini merupakan suksesor dari Helio P20, sebagai yang kedua dari mediatek yang mendukung RAM 6GB, sekaligus yang kedua yang mendukung konfigurasi dua kamera.

Helio P20 Vs Helio P25: Seberapa Besar Perbedaanya? 1

Chip ini dibuat dengan proses 16nm dan Octa Core yang sama dengan Helio P20, jadi, dimana letak perbedaanya? haruskan kita menunggu smartphone Helio P25 dan membatalkan pinangan untuk Helio P20?

Kita sarankan, sebaiknya tidak!, meskipun nama berbeda, bukan berarti ada peningkatan besar, perusahaan membuat produk yang berbeda karena spesifikasi yang berbeda, walaupun bedanya sangat tipis, perhatikan gambar diatas.

Contoh lain adalah antara Snapdragon 820 dan Snapdragon 821, walaupun saat SD821 dirilis membuat SD820 terlihat seolah ‘jadul’, tapi sebenernya peningkatan yang terjadi cuma 10% saja. Hanya peningkatan kecepatan frekuensi di CPU dan GPU saja, juga peningkatan Snapdragon VR SDK yang membuatnya kompatibel dengan Google Daydream.

Contoh smartphone adalah ZTE Axon 7 yang menggunakan Snapdragon 820 dan kompatibel dengan Google Daydream saat diupdate ke Nougat.

Mediatek Helio P25 dirilis: Mendukung RAM 6GB dan Dua Kamera Belakang 3

Sedangkan peningkatan di Helio P25, secara teknis keseluruhan dari performa dan fitur, mengalami peningkatan sekitar 15-20% saja dari Helio P25, misalnya kecepatan frekuensi CPU (2.5Ghz vs 2.3 Ghz) dan tanpa update di GPU.

Selain itu peningkatan yang signifikan ada di kompatibilitas terhadap konfigurasi kamera ganda.

Sejauh ini baru dua produk saja di pasaran yang menggunakan Helio P20, yakni Meizu X dan UMi Plus E, lalu gimana dengan Elephone P20? entahlah, itu kelaut kayaknya 😀 . Yeah, mungkin Elephone bakal membatalkan dan lebih fokus ke Elephone P25 yang menggunakan Helio P25.

GadgetEvo

GadgetEvo

Penggemar gadget terkini, penulis blog GadgetEvo.com yang mencari referensi ke brand Smartphone di seluruh dunia

You May Also Like

More From Author

+ There are no comments

Add yours

Leave a Reply