Cara Mengatasi Bootlop Pada Smartphone Himax

Bootlop merupakan sebuah masalah pada Smartphone Android dimana proses booting tidak bisa berjalan sebagaimana mestinya dan tidak bisa masuk ke sistem utama, alias hanya mentok di tampilan logo smartphone, Di tulisan kali ini adalah untuk Smartphone Himax, dan secara teknisnya, masalah bootlop ini bisa jadi di merek apapun.

Cara Mengatasi Bootlop Pada Smartphone Himax ds

Penyebab Bootlop bisa bermacam-macam dan solusi nya juga bermacam-macam.

Untuk Smartphone Himax, Ada 3 kasus bootloop android yaitu Light Bootloop, Medium Bootloop dan Hard Bootloop. Jika hal ini terjadi biarkanlah terjadi… gak perlu panik, apalagi sampai jerit-jerit 😆 , gak ada gunanya, disini kami berikan beberapa tips menangani Smartphone android yang bootlop.

Light Bootloop Android

Permasalahan ini terjadi karena Anda mengutak-atik sistem utama, menu utama, antarmuka pengguna, menginstall aplikasi yang tidak kompatibel dan tidak menggunakan Recovery Mode. Akibat dari light bootloop hanya bersifat sementara seperti blank screen.

Cara Mengatasi cukup mudah: Silahkan restart handphone Anda terlebih dahulu, jika masih tetep bootop silahkan matikan, cabut kartu SD, cabut baterai lalu pasang dan nyalakan kembali, tanpa kartu SD ya… semoga bisa normal kembali.

Medium Bootloop Android

Hal ini sering terjadi karena Anda mencoba masuk ke system Recovery Mode dan menginstall script yang tidak jelas dan tidak kompatibel, juga terjadi ketika ada akses aplikasi root yang bertolak belakang pada Sistem antarmuka pengguna Amigo

Meskipun berhasil masuk ke sistem utama, biasanya banyak error yang terjadi dan sama sekali tidak bisa digunakan maupun membuka menu pengaturan.

Cara Mengatasi berdasarkan kondisi: Bila Bootlop total, bisa dengan melakukan wipe data atau install ulang untuk kemudian menjalankan factory reset. Dan disarankan Sebelum mengutak-atik apapun yang ada dalam Recovery Mode sebaiknya lakukan backup agar nanti bisa direstore jika terjadi masalah.

Hard Bootloop Android

Masalah ini adalah masalah yang paling parah, dimana anda tidak akan bisa masuk kedalam menu handphone dan hanya stuck pada logo selama berjam-jam atau bisa juga restart berulang kali.

Cara Mengatasi cuma dengan: Silahkan lakukan Factory Reset melalui menu recovery, alangkah baiknya kalo memang gak ahli bisa mengunjungi service center Himax Indonesia.

Semoga bermanfaat

Deteksigadget – sumber

You May Also Like

More From Author

0Comments

Add yours

Leave a Reply